Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Strategi Komunikasi Pemasaran UKM Nasi Kampus Samarinda Disaat COVID-19 (Karmila)

Submitted by: , Karmila
On: Jul 29, 2024 @ 12:53 PM
IP: 125.160.71.34

  • Judul artikel eJournal: Strategi Komunikasi Pemasaran UKM Nasi Kampus Samarinda Disaat COVID-19
  • Pengarang (nama mhs): Karmila
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan UKM Nasi Kampus disaat Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian antara lain adalah periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan personal, hubungan masyarakat, dan pemasaran interaktif. Informan pada penelitian ini berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) iklan yang digunakan oleh Nasi Kampus untuk menarik perhatian, minat, keinginan, dan tindakan dilakukan secara online dan offline; 2) pemasaran langsung yang digunakan oleh Nasi Kampus untuk menarik perhatian, minat, keinginan, dan tindakan dilakukan dengan menggunakan pesan berantai melalui WhatsApp; 3) promosi penjualan yang digunakan oleh Nasi Kampus untuk menarik perhatian, minat, keinginan, dan tindakan dilakukan dengan proses digital marketing dan direct marketing; 4) penjualan personal yang digunakan oleh Nasi Kampus untuk menarik perhatian, minat, keinginan, dan tindakan dilakukan dengan cara mempromosikan produk secara face to face pada pelanggan; 5) hubungan masyarakat yang digunakan oleh Nasi Kampus dalam proses komunikasi pemasaran adalah dengan menjalin kerjasama dengan UMKM pertanian; 6) pemasaran interaktif yang digunakan oleh Nasi Kampus untuk menarik perhatian, minat, keinginan, dan tindakan dilakukan dengan cara mengusung konsep utama mendengarkan setiap kebutuhan konsumen secara langsung.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): UKM, Pemasaran, Bauran Promosi, Komunikasi
  • NIM: 1702055065
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Adietya Arie Hetami, S.Sos., M.AB Ainun Ni’matu Rohmah, S.Ikom., M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 12
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Karmila – Ejournal Skripsi PDF (07-29-24-12-53-00).pdf (2654 kB)