EFEKTIVITAS KOMUNIKASI KEPOLISIAN SEKTOR SAMARINDA ULU DALAM IMPLEMENTASI PENCEGAHAN CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) PADA TAHUN 2020 (Bernando Full Marpaung1, Kadek Dristiana Dwivayani2)
Submitted by: ,
On: Nov 24, 2023 @ 2:16 AM
IP: 125.160.114.62
- Judul artikel eJournal: EFEKTIVITAS KOMUNIKASI KEPOLISIAN SEKTOR SAMARINDA ULU DALAM IMPLEMENTASI PENCEGAHAN CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) PADA TAHUN 2020
- Pengarang (nama mhs): Bernando Full Marpaung1, Kadek Dristiana Dwivayani2
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkarakterisasi dan mengevaluasi efektivitas komunikasi Polsek Samarinda Ulu dalam melaksanakan tindakan pencegahan COVID-19 pada tahun 2020. Pemahaman bersama akan makna dapat berdampak pada seberapa baik komunikasi Polsek Samarinda Ulu dalam upayanya menghentikan COVID. -19 pada tahun 2020. Dalam konteks ini, komunikasi efektif diartikan sebagai suatu proses berkomunikasi yang melalui penggunaan bahasa yang lebih lengkap, penyampaian yang jelas, dan umpan balik yang berimbang, memudahkan komunikan memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator. Komunikasi yang baik memiliki kekuatan untuk mengubah cara pandang orang. Keberhasilan komunikasi diukur dari sejauh mana pesan dapat dengan mudah dipahami oleh penerimanya, dan komunikasi dikatakan efektif apabila dapat mencapai perubahan yang diinginkan oleh sumbernya, seperti perubahan perilaku, sikap, dan pengetahuan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, secara keseluruhan, efektivitas komunikasi Polsek Samarinda Ulu dalam menerapkan tindakan pencegahan COVID-19 pada tahun 2020 cukup berhasil. Meskipun demikian, penting untuk mempertimbangkan berbagai permasalahan terkait konsep kredibilitas, konteks, isi pesan, kejelasan, dan saluran komunikasi. Evaluasi sosial masyarakat terhadap pesan atau komunikasi terkait pencegahan COVID-19 pada tahun 2020 juga berperan penting dalam efektifitas komunikasi Polsek Samarinda Ulu. Ada tiga kategori yang membentuk penilaian ini: penerimaan, yang terjadi ketika masyarakat menerima dan menerapkan pesan secara efektif, penolakan, yang terjadi ketika masyarakat menolak pesan tersebut sejak awal. disampaikan, dan non-komitmen terjadi ketika individu mendengar pesan tetapi memilih untuk tidak menindaklanjutinya.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Efektivitas, Komunikasi, COVID-19.
- NIM: 1902056113
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2019
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos., M.Med.Kom
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 12
- Nomor: 1
- Tahun: 2024
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJOURNAL (11-24-23-02-16-14).docx (78 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL (1) (11-24-23-02-16-14).pdf (214 kB)