Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 3SSHOP MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Megawati Annisa Anggrahini, Rina Juwita, Kheyenne Molekandela Boer)

Submitted by: Anggrahini, Megawati
On: Apr 12, 2023 @ 2:48 AM
IP: 125.160.114.23

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 3SSHOP MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
  • Pengarang (nama mhs): Megawati Annisa Anggrahini, Rina Juwita, Kheyenne Molekandela Boer
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Munculnya internet memungkinkan semua orang untuk dapat melakukan komunikasi dengan siapapun. Salah satu media yang dapat digunakan untuk berkomunikasi adalah media sosial. Media sosial sudah cukup populer di Indonesia, hal ini karena masyarakat memanfaatkannya untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi. Tidak hanya itu, media sosial juga dapat digunakan untuk mendirikan sebuah bisnis berbasis online. Media sosial yang dimanfaatkan oleh pebisnis dalam memasarkan serta mempromosikan produk-produk mereka adalah media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan 3sshop menggunakan media sosial berupa Instagram. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif. Fokus penelitian dalam hal ini menggunakan konsep dari Regina Luttrell yaitu The Circular Model of Some. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian diketahui bahwa 3sshop telah menggunakan keempat tahap dari konsep yang diciptakan Regina Luttrell dengan memanfaatkan media sosial Instagram untuk memperkenalkan produk serta meningkatkan penjualan. Setiap tahap dijalankan dengan cukup baik dengan terlibat komunikasi langsung dengan konsumen, menjalin hubungan serta membangun kepercayaan publik. Lalu, 3sshop berusaha mendengarkan serta mempelajari dan ikut terlibat dalam perbincangan yang dilakukan konsumen mereka. Selain itu, melakukan pemantauan terhadap media sosial juga dilakukan 3sshop seperti pengecekan jumlah pengikut, melakukan kegiatan real time dengan menggunakan fitur live serta memberikan respon yang cepat kepada konsumen mereka. Terakhir, 3sshop juga bekerja sama dengan influencer yang ada di Samarinda, menentukan target sasaran dan memberikan promo serta diskon untuk meraih konsumen.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Instagram
  • NIM: 1702055094
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Rina Juwita, S.IP., MHRIR, Kheyenne Molekandela Boer, S.I.Kom., M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 11
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): E-JOURNAL MEGAWATI 2017 (04-12-23-02-48-10).docx (40 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): E-JOURNAL MEGAWATI 2017 (04-12-23-02-48-10).pdf (319 kB)

Print Friendly, PDF & Email