Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Brand Communication Batik Kuntul Perak Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Dan Kepercayaan Konsumen (Studi Deskriptif Pada UMKM CV. Sakinah Gallery Bontang) (Hani Aliyya Wijayanty, Aditya Arie Hetami, Annisa Wahyuni Arsyad)

Submitted by: Aliyya Wijayanty, Hani
On: Dec 1, 2022 @ 7:18 AM
IP: 125.160.115.2

  • Judul artikel eJournal: Brand Communication Batik Kuntul Perak Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Dan Kepercayaan Konsumen (Studi Deskriptif Pada UMKM CV. Sakinah Gallery Bontang)
  • Pengarang (nama mhs): Hani Aliyya Wijayanty, Aditya Arie Hetami, Annisa Wahyuni Arsyad
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Dalam kondisi perkembangan industry dan bisnis tentu saja melakukan sebuah kegiatan pemasaran yang megikuti perkembangan zaman, ini menciptakan disiplin dan konsep pada kegiatan komunikasi yang berfokuskan kepada brand yang dilakukan oleh CV. Sakinah Gallery pada brandnya yaitu Batik Kuntul Perak. Penyampaian pesan melalui brand communication pada konsumen dilakukan untuk mendapatkan kesan yang kuat, menunjukkan serta meningkatkan tingkat pemahaman kesadaran sebuah merek yang diterima oleh konsumen sehingga menbangun kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mendeskripsikan sejauh mana brand communication Batik Kuntul perak dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepercayaan konsumen. Metode peneilitian yang dilakukan kualitatif dengan rancangan penelitian deksriptif, dengan teknik analisis yang dilkaukan secara interaktif guna memahami lebih dalam strategi integrated brand communication yang telah dilakukan oleh CV. Sakinah Gallery. Hasil Penelitian menunjukkan tingkatan kegiatan brand communication yang telah dilakukan telah mencapai tingkat afektif yaitu dikenali oleh masyarakat serta konsumen bontang hingga telah dilakukannya tindakan pembelian. CV. Sakinah Gallery memanfaatkan media sosial sebagai chanel untuk mengenalkan dan menawarkan produk dan layanan Batik Kuntul Perak. Ikatan antara pihak Cv. Sakinah Gallery dengan konsumen selama berkomunikasi juga dibangun dengan memberikan kualitas dan pelayanan yang baik, sehingga menciptakan rasa kepercayaan pada konsumen.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Batik, Brand Communication, Kesadaran, Kepercayaan Konsumen
  • NIM: 1502055014
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Aditya Arie Hetamie, S. Sos., M.AB & Annisa Wahyuni Arsyad,S.IP., M.
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 11
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): E-Journal Hani Aliyya w (12-01-22-07-18-07).docx (46 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): E-Journal Hani Aliyya w (12-01-22-07-18-07).pdf (211 kB)