Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Peran Public Relations Dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility di PT.Badak NGL (Rizky Chandra Kurniawan, Rina Juwita)

Submitted by: Chandra Kurniawan, Rizky
On: Nov 25, 2022 @ 3:13 AM
IP: 202.67.39.8

  • Judul artikel eJournal: Peran Public Relations Dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility di PT.Badak NGL
  • Pengarang (nama mhs): Rizky Chandra Kurniawan, Rina Juwita
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Seiring dengan perkembangan isu lingkungan global, konsep dan praktik CSR juga semakin meningkat di Indonesia CSR tidak hanya merupakan kewajiban sosial perusahaan, tetapi juga terkait dengan konsep pembangunan berkelanjutan. Namun masih banyak perusahaan yang melaksanakan CSR hanya sekedar kegiatan yang bersifat isedental bukan dengan merencanakan CSR yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat sebagaimana esensi dari CSR untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. PT. Badak NGL sebagai perusahaan pengelola gas alam yang berlokasi di Bontang, Kaltim, berangkat dari sifat sukarela dan undang – undang UUPT No 40 tahun 2007 sebagai dasar mandatorinya mereka harus mengambil peran dalam membantu pemerintah menangani permasalahan social dan lingkungan melalui program CSR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran Public relations dalam pelaksanaan program Tanggung jawab social baik dari peran teknis komunikasi maupun dalam peran manajerial. Metodologi yang digunakan bersifat kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada beberapa orang yang dianggap kompeten dan mengetahui kunci informasi, observasi dan tinjauan pustaka. Penelitan ini menemukan praktik PR yang dominan sebagai teknolog wacana perusahaan, yaitu berperan dalam mempromosikan CSR untuk meningkatkan daya saing perusahaan dan bertindak sebagai penasihat pada program CSR hal ini dikarenakan CSR sudah menjadi tanggung jawab divisi Community development, sehingga PR Badak LNG dalam pelaksanaan CSR hanya sebatas menjalankan peran teknis komunikasi, seperti publikasi, media relations atau menangkap isu – isu dimasyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Public Relations, CSR, Pemeberdayaan Masyrakat, Komunikasi.
  • NIM: 1802055093
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Rina Juwita,S.IP., MHRIR
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 10
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Ilmu Komunikasi PR dan CSR Rizky Chandra (11-25-22-03-13-28).doc (135 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Ilmu Komunikasi PR dan CSR Rizky Chandra (8) (11-25-22-03-13-28).pdf (490 kB)