Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENGELOLA BRANDING PADA SAMARINDA TELEVISI (STV) (Sartika Novianti , H. Abdullah Karim , Kadek Dristiana Dwivayani)

Submitted by: ,
On: Dec 28, 2021 @ 7:32 AM
IP: 125.160.114.154

  • Judul artikel eJournal: PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENGELOLA BRANDING PADA SAMARINDA TELEVISI (STV)
  • Pengarang (nama mhs): Sartika Novianti , H. Abdullah Karim , Kadek Dristiana Dwivayani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Mengelola Branding Samarinda Televisi (STV). Jenis penelitian kualitatif. Sumber data dari keyforman dan informan terdiri dari Pimpinan Samarinda Televisi (STV), serta informan dari karyawan dan masyarakat. Teori yang digunakan dalam menganalisis fokus penelitian yaitu Ruslan (2016) yang mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan humas melakukan branding bagi Samarinda TV agar masyarakat tahu dan mengenal STV, dan membuat STV menjadi pilihan utama masyarakat dalam mencari informasi yang cepat dan tepat. Peran humas dalam membangun branding STV belum sepenuhnya maksimal, karena banyak kegiatan yang dilakukan humas STV, sehingga efektivitas dari kegiatan yang dilakukan mengalami kendala, baik secara internal karyawan maupun eksternal dari pandemi covid 19 dan persaingan dengan media lain. Masih terbatasnya pengenalan konten dan jaringan STV di media sosial, terlihat dari belum tercapainya target pengikut dan penonton konten di media sosial taun ini. Peran yang dibangun selama ini sudah mencakup indeks branding perusahaan yang baik, terdiri dari communicator, relationship back up management, serta good image maker.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran, Hubungan Masyarakat (Humas), Samarinda Televisi (STV)
  • NIM: 1402055008
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Abdullah Karim, M.Si dan Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos.,M.Med.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 9
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2021
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (12-28-21-07-32-25).doc (110 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (12-28-21-07-32-25).pdf (145 kB)