Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR (Abdul Aziz , Sugandi , Annisa Wahyuni Arsyad)

Submitted by: Aziz, Abdul
On: Nov 23, 2020 @ 6:57 AM
IP: 125.160.64.71

  • Judul artikel eJournal: KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
  • Pengarang (nama mhs): Abdul Aziz , Sugandi , Annisa Wahyuni Arsyad
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Abdul Aziz, NIM. 1302055104, dengan skripsi berjudul “Komunikasi organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada dinas perpustakaan dan kearsipan daerah provinsi kalimantan timur”, dibawah bimbingan Drs. Sugandi, M.Si selaku pembimbing I dan Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M selaku dosen pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana komunikasi organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan Publik Dinas perpustakaan dan kearsipan daerah provinsi Kalimantan timur ? 2. Apa Faktor Pendukung dan Penghambat komunikasi organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Dinas perpustakaan dan kearsipan daerah provinsi Kalimantan timur ? Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi organisasi pada dinas perpustakaan dan kearsipan daerah provinsi kalimantan timur kurang berjalan dengan baik sehingga mempengaruhi proses pelayanan publik. Faktor pendukung dalam proses komunikasi organisasi pada dinas perpustakaan dan kearsipan daerah provinsi kalimantan timur adalah Tingkat pendidikan, sarana dan prasarana komunikasi, pelayanan sistem online dan pemahaman masyarakat terhadap penerapan sistem online, lingkungan organisasi. Adapun faktor penghambatnya adalah ketidakpahaman pegawai dalam tugas atau job description yang dijalankan, kurangnya kemampoan komunikasi pegawai, kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang sistem pelayanan publik, keterbatasan anggaran dan Jumlah Staff Diluarkendali (Lingkungan Organisasi). Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya hubungan antara komunikasi organisasi kepada kualitas pelayanan publik. Hal Ini mengartikan unsur-unsur dalam komunikasi organisasi cukup berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Organisasi, Pelayanan Publik
  • NIM: 1302055104
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Sugandi, M.Si dan Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 8
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 16. JURNAL ABDUL AZIZ 1302055104 (11-23-20-06-57-08).doc (137 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 16. JURNAL ABDUL AZIZ 1302055104 (11-23-20-06-57-08).pdf (360 kB)

Print Friendly, PDF & Email