Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

EFEK BEHAVIORAL PERMAINAN POKEMON GO DI SMARTPHONE PADA KOMUNITAS POKEMON GO SAMARINDA (Soleh Arifin, Martinus Nanang, Nurliah)

Submitted by: ,
On: Sep 14, 2020 @ 4:02 AM
IP: 61.5.110.89

  • Judul artikel eJournal: EFEK BEHAVIORAL PERMAINAN POKEMON GO DI SMARTPHONE PADA KOMUNITAS POKEMON GO SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Soleh Arifin, Martinus Nanang, Nurliah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis Efek Behavioral Permainan Pokemon Go Di Smartphone Pada Komunitas Pokemon Go Samarinda. Penelitian ini di kategorikan sebagai penelitian kualitatif deskrptif. Fokus penelitian adalah dampak yang terjadi kepada pengguna permainan Pokemon Go yaitu bentuk perilaku dan tindakan atau kegiatan. Data didapat dengan cara observasi dan wawancara. Informanya yaitu Leader Komunitas, Anggota Tim Merah, Tim Kuning, dan Tim Biru. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu Kualitatif Model Interaktif (Miles dan Huberman). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, para pengguna permainan Pokemon Go di komunitas Pokemon Go Samarinda memiliki perubahan Efek Behavioral yang berupa perilaku dan tindakan atau kegiatan yang berbeda dengan memainkan permainan online yang lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Permainan Pokemon Go memiliki efek perubahan yaitu perubahan perilaku, pengguna Permainan Pokemon Go mengetahui bahwa permaianan ini tidak hanya dimainkan di suatu tempat saja, namun Pokemon Go ini menuntut penggunanya untuk lebih aktif memainkannya layaknya permainan tradisional, mengharuskan pemain berpindah-pindah dari tempat satu ketempat yang lain.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Efek Behavioral, Pokemon Go, Komunitas Pokemon Go Samarinda
  • NIM: 1302055197
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Martinus Nanang, MA dan Nurliah, S.Sos. Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 8
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Ilmu Komunikasi (09-14-20-04-02-39).docx (47 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Ilmu Komunikasi (09-14-20-04-02-39).pdf (203 kB)

Print Friendly, PDF & Email



  1. Online Casino India
  2. Best Aviator Game App In India
  3. Andar Bahar Online Game
  4. Casino App Real Money India
  5. Best Cricket Betting Sites In India
  6. Best Casino Game to Win Real Money
  7. Online Casino Games In India
  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Judi Slot Terpercaya
  4. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  5. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  6. Slot Hacker
  7. Situs Slot Online Terbaik
  8. Slot Gacor Gampang Menang
  9. Slot Online
  10. Situs Slot Online Terbaik 2022
  11. Slot RTP Pragmatic
  12. Situs Slot Gacor 2022