IMPELEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MEMPROMOSIKAN KAMPUNG KAJANG PLAYLAND (KPJ PLAYLAND) (Robby Saputra, Endang Erawan,Kheyene Molekandela)
Submitted by: ,
On: Feb 20, 2020 @ 7:10 AM
IP: 125.160.66.16
- Judul artikel eJournal: IMPELEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MEMPROMOSIKAN KAMPUNG KAJANG PLAYLAND (KPJ PLAYLAND)
- Pengarang (nama mhs): Robby Saputra, Endang Erawan,Kheyene Molekandela
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi komunikasi pemasaran terpadu dalam mempromosikan Kampung Kajang Playland (KPJ Playland). Teori yang digunakan yaitu model komunikasi AIDDA (Awareness, Interest, Desire, Decision, Action) dan teori komunikasi pemasaran terpadu. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang disajikan melalui observasi dan wawancara menggunakan data primer yaitu sumber data informan yakni manajer dan marketing KPJ Playland beserta karyawan KPJ Playland, data sekunder melalui buku-buku dan dari beberapa file-file dokumentasi yang bisa didapatkan secara langsung di Kampung Kajang Playland (KPJ Playand). Kemudian teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles, A. Michael Huberman dan Johnny Saldana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi komunikasi pemasaran terpadu dalam mempromosikan Kampung Kajang Playland (KPJ Playland) selama mempromosikan tempat wisatanya dengan lima elemen komunikasi pemasaran terpadu yaitu periklanan, promosi penjualan, public relations (hubungan masyarakat), personal selling (penjualan pribadi), direct and online marketing (langsung dan pemasaran online). Hasil dari pelaksanaan komunikasi pemasaran terpadu tersebut menunjukkan intensitas pelaksanaan yang masih sangat rendah sehingga tidak efektif menjangkau khalayak luas. Dapat diketahui saat kita bertanya kepada masyarakat mengenai KPJ Playand masih banyak yang tidak tahu bahkan tidak pernah mendengar sama sekali mengenai KPJ Playland serta jumlah pengikut di akun media sosial KPJ Playland masih sangat sedikit karena kurang mengoptimalkan media sosial yang dimiliki.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Implementasi, Komunikasi Pemasaran Teradu, Promosi
- NIM: 1202055079
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Drs. Endang Erawan., M.Si dan Kheyene Molekandela.,M.Ikom
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 8
- Nomor: 1
- Tahun: 2020
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Ilmu Komunikasi (02-20-20-07-10-00).docx (49 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Ilmu Komunikasi (02-20-20-07-10-00).pdf (220 kB)