Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PENGARUH IKLAN TRAVELOKA DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI TIKET PESAWAT KOMUNITAS SAMARINDA BACKPACKER (Agung Wanda Saputra)

Submitted by: ,
On: Aug 13, 2018 @ 3:44 AM
IP: 180.243.161.138

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH IKLAN TRAVELOKA DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI TIKET PESAWAT KOMUNITAS SAMARINDA BACKPACKER
  • Pengarang (nama mhs): Agung Wanda Saputra
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi dalam menarik minat beli masyarakat terutama komunitas Samarinda Backpacker untuk menggunakan produk Traveloka. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh sebuah iklan Traveloka yang ditampilkan di televisi dengan mengeluarkan menyampaikan informasi dan nilai tambah sebagai salah satu cara menarik minat beli masyarakat untuk menggunakan produk Traveloka di kota samarinda khusunya komunitas Samarinda Backpacker. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitratif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menggambarkan atau mendeskripsikan objek yang diteliti berdasarkan fakta dilapangan dengan menggunakan responden sebagai sumber data, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan data sekunder melalui penyebaran kuisioner, observasi lapangan, dokumentasi kegiatan, referensi yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian adalah bahwa iklan Traveloka di televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli tiket pesawat pada Komunitas Backpacker Samarinda. Iklan Traveloka di televisi mempengaruhi minat beli tiket pesawat pada komunitas Samarinda Backpacker sebesar 44,2%. Dengan persentase tersebut menunjukan bahwa iklan Traveloka di televisi telah berhasil mempengaruhi minat beli tiket pesawat di aplikasi Traveloka, namun aktivitas mempertimbangkan faktor – faktor lain yang dilakukan oleh anggota komunitas ketika akan membeli tiket pesawat menjadikan pengaruh tersebut tidak dominan
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pengaruh Iklan, Minat Beli, Traveloka, Samarinda Backpacker
  • NIM: 1202055047
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Finnah Fourqoniah, M.Si , Hj. Hairunnisa, S.Sos. MM
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 6
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL Word (08-13-18-03-44-37).doc (118 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL Pdf (08-13-18-03-44-37).pdf (226 kB)