PERSEPSI PENGUSAHA RITEL TERHADAP SOSIALISASI KEBIJAKAN KANTONG PLASTIK BERBAYAR PADA USAHA RITEL MODERN DI KOTA BALIKPAPAN (Hamdiah)
Submitted by: ,
On: Aug 8, 2018 @ 7:19 AM
IP: 36.84.231.121
- Judul artikel eJournal: PERSEPSI PENGUSAHA RITEL TERHADAP SOSIALISASI KEBIJAKAN KANTONG PLASTIK BERBAYAR PADA USAHA RITEL MODERN DI KOTA BALIKPAPAN
- Pengarang (nama mhs): Hamdiah
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi ke lapangan untuk mencari data fakta yang terjadi di lapangan, dan wawancara mendalam kepada pengusaha ritel. Dalam penelitian ini peneliti melibatkan 7 orang Key informan pengusaha ritel dan 1 informan Kepala Badan Lingkungan Hidup. Hasil penelitian ini berdasarkan persepsi yang timbul dan terjadi di pengusaha ritel setelah adanya terpaan sosialisasi kebijakan kantong plastik berbayar yang ditetapkan oleh pemerintah. Data atau informasi yang didapatkan dari pengusaha ritel yang akhirnya dapat menimbulkan persepsi dalam dirinya sendiri. Kesimpulan terhadap sosialisasi kebijakan kantong plastik berbayar yaitu mampu membuat persepsi yang berbeda-beda terhadap terpaan sosialisasi yang di dapatkan melalui panca indera yang pengusaha ritel inderakan. Pengusaha ritel yang hanya mendapatkan sosialisasi dengan berupa himbauan Surat Edaran saja mempersepsikan sosialisasi dengan kurang positif, dikarenakan kurangnya media informasi yang diberikan dalam menerima informasi terkait kebijakan kantong plastik berbayar yang membuat pengusaha ritel kurang mengerti atau memahami mekanisme kebijakan kantong plastik berbayar. Pengusaha ritel yang mendapatkan sosialisasi secara langsung di Dinas Lingkungan Hidup dan mendapatkan media informasi brosur, telah mampu membuat persepsi yang positif dan mendukung sepenuhnya, dimana pengusaha ritel mengerti atau memahami dengan mudah dan jelas mekanismenya kebijakan kantong plastik berbayar tersebut, dan kebijakan ini menguntungkan pihak ritel.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Persepsi, pengusaha ritel, kebijakan, kantong plastik
- NIM: 1302055126
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Finnah Fourqoniah,S.Sos.,MM & Kadek Dristiana D,S.Sos.,M.Med.Kom
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 6
- Nomor: 3
- Tahun: 2018
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL SKRIPSI HAMDIAH (08-08-18-07-19-59).doc (116 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL SKRIPSI HAMDIAH (08-08-18-07-19-59).pdf (220 kB)