Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

REPRESENTASI PERUNDUNGAN DALAM FILM FASHION KING (Maheda)

Submitted by: maheda, maheda
On: Jan 24, 2018 @ 10:16 AM
IP: 36.75.95.190

  • Judul artikel eJournal: REPRESENTASI PERUNDUNGAN DALAM FILM FASHION KING
  • Pengarang (nama mhs): Maheda
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Dalam survey yang dilakukan kepada 97 responden di Samarinda mengklaim bahwa 66% dari korban perundungan menjadi penakut dan pemalu baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar rumah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menonton kekerasan dalam televisi dapat menyebabkan tingkah laku agresif karena film memiliki kemampuan mempengaruhi secara psikologis atau yang dikenal dengan istilah identifikasi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa representasi perundungan yang diinterprestasikan dalam film Fashion King melalui tanda denotasi dan konotasi berdasarkan konsep semiotika menurut Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Fashion King menyajikan perundungan fisik dalam 5 scene dengan jumlah 9 sequence dan perundungan mental dalam 4 scene berbeda. Setiap tindakan perundungan yang terjadi dalam film Fashion King selalu diiringi dengan adanya perbedaan selera berpakaian antara pelaku dan korban, baik itu perbedaan yang mencolok hingga perbedaan yang tak kasat mata.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Perundungan,Fashion King, Semiotika
  • NIM: 1302055199
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si dan Hikmah, S.Sos., M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 6
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Ilmu Komunikasi (01-24-18-10-16-47).docx (46 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Ilmu Komunikasi (01-24-18-10-16-47).pdf (191 kB)