Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

ANALISIS SOCIAL MARKETING DANA PEDULI UMMAT (DPU) KALTIM DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZAKKI WILAYAH KOTA SAMARINDA (Afifah Rahmayani)

Submitted by: Rahmayani, Afifah
On: Aug 24, 2017 @ 5:45 AM
IP: 180.248.94.30

  • Judul artikel eJournal: ANALISIS SOCIAL MARKETING DANA PEDULI UMMAT (DPU) KALTIM DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZAKKI WILAYAH KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Afifah Rahmayani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Afifah Rahmayani, 1302055019, Analisis Social Marketing Dana Peduli Ummat (DPU) Kaltim Dalam Meningkatkan Kepercayaan Muzakki Wilayah Kota Samarinda. Dibawah bimbingan dari Bapak Drs. H. Hamdan, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Sarwo Edy Wibowo, S.I.Kom., M.M selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan peneliti untuk mengetahui mengenai social marketing DPU Kaltim dalam meningkatkan kepercayaan muzakki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis social marketing management process, yaitu menganalisis lingkungan social marketing, meneliti dan memilih target adopters, merancang strategi social marketing, merancang social marketing mix programs, serta pengorganisasian, implementasi, pengontrolan, dan pengevaluasian upaya social marketing dari DPU Kaltim. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dikarenakan jenis penelitian kualitatif berusaha memaparkan dan menggambarkan obyek yang diteliti berdasarkan realita. Dari hasil penelitian analisis social marketing DPU Kaltim dalam meningkatkan kepercayaan muzakki yaitu dengan mengaplikasikan social marketing management process DPU Kaltim dapat meningkatkan kepercayaan muzakki terhadap lembaga. Karena dengan menggunakan social marketing management process, produk sosial dapat ditempatkan dengan tepat serta gagasan dan praktik sosial yang ingin diubah oleh DPU Kaltim telah mampu mempengaruhi perubahan perilaku muzakki secara sukarela mengenai pentingnya zakat, infaq, dan shadaqah untuk meningkatkan kesejahteraan pribadi maupun masyarakat umum.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Social marketing, muzakki, DPU Kaltim.
  • NIM: 1302055019
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. H. Hamdan, M.Si & Sarwo Edy Wibowo, S.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Afifah (1302055019) (08-24-17-05-45-25).docx (45 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Afifah (1302055019) (08-24-17-05-45-25).pdf (299 kB)