PESAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA SEKOLAH DALAM SERIAL FILM ANIMASI UPIN&IPIN EPISODE “IQRA” (Imam Subadi)
Submitted by: ,
On: May 24, 2017 @ 12:15 PM
IP: 125.167.220.170
- Judul artikel eJournal: PESAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA SEKOLAH DALAM SERIAL FILM ANIMASI UPIN&IPIN EPISODE “IQRA”
- Pengarang (nama mhs): Imam Subadi
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis Pesan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dalam Serial Film Animasi Upin&Ipin Episode “Iqra”. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, dimana peneliti ingin mengetahui tentang makna dibalik scene film animasi Upin & Ipin. Analisis semiotika yang digunakan dalam penelitian ini pada dasarnya bersifat kualitatif interpretatif, maka peneliti memfokuskan pada tanda-tanda dalam film animasi Upin & Ipin yang berhubungan dengan pendidikan karakter. Berdasarkan dari berbagai konsep-konsep yang digunakan, maka definisi konsepsional tentang “Pesan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Sekolah dalam Serial film animasi “Upin & Ipin” yang akan dibatasi hanya pada episode “Iqra” adalah pesan pendidikan karakter Religius, Toleransi, dan Tanggung jawab yang dilihat dari serial film animasi Upin & Ipin episode “Iqra” melalui tanda Denotasi dan Konotasi dalam rangka pembelajaran pendidikan karakter. Hasil Penelitian Pesan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Sekolah dalam serial film Animasi Upin & Ipin Episode Iqra setelah diteliti dengan menggunakan model semiotika rolang barthes secara Denotasi dan konotasi. serta diperkuat dengan teori belajar kognitif dimana hasil dari makna-makna tadi dimasukan kedalam tahap pembelajaran kognitif yaitu Asimilasi, Akomodasi dan Equilibrasi maka dalam animasi Upin&Ipin Episode Iqra memiliki setidaknya tiga pesan pendidikan karakter yang dapat diajarkan kepada anak-anak usia sekolah yaitu pesan pendidikan karakter tanggung jawab. Yang ke dua adalah pesan pendidikan Toleransi. Yang ke tiga adalah pesan pendidikan religius.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Semiotika, Film, Pendidikan Karakter Anak, Belajar Kognitif
- NIM: 1102055070
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. H. Abdullah Karim, M.S dan Hikmah, S.Sos, M.A
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 5
- Nomor: 2
- Tahun: 2017
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal imam ( Cetak ) (05-24-17-12-15-41).docx (97 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal imam ( Cetak ) (05-24-17-12-15-41).pdf (98 kB)