Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI PENYUSUNAN PESAN UNDAS.CO DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN REMAJA PADA INDUSTRI KREATIF LOKAL KOTA SAMARINDA (Ratna Dewi Luwita)

Submitted by: ,
On: Jun 16, 2016 @ 4:54 AM
IP: 180.248.65.99

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI PENYUSUNAN PESAN UNDAS.CO DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN REMAJA PADA INDUSTRI KREATIF LOKAL KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Ratna Dewi Luwita
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini membahas bagaimana strategi penyusunan pesan Undas.co dalam meningkatkan kepedulian remaja pada industri kreatif lokal Kota Samarinda untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi Undas.co dalam meningkatkan kepedulian remaja pada industri kreatif lokal Kota Samarinda. Fokus pada penelitian ini adalah pada penyusunan pesan oleh penulis Undas.co dengan melihat lima indikator sistem penyusunan pesan oleh Alan H. Monroe, yaitu Attention (Perhatian), Need (Kebutuhan), Satisfaction (Pemuasaan), Visualization (Penggambaran), dan Action (Tindakan).
    Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data adalah dengan penelitian lapangan (field work research) dengan mengobservasi, mewawancara, dan mendokumentasi. Wawancara dilakukan kepada empat penulis Undas.co.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penyusunan pesan Undas.co dalam meningkatkan kepedulian remaja pada industri kreatif lokal kota Samarinda telah dapat menarik perhatian pembaca, membangkitkan kebutuhan, serta mendorong tindakan. Namun, dalam penyusunan pesan berkaitan dengan memuaskan kebutuhan, penulis Undas.co hendaknya melihat faktor-faktor penentu kepuasan serta dalam hal berkaitan dengan penggambaran kekurangan dan kelebihan, penulis Undas.co hendaknya dapat menggunakan berbagai bentuk pesan untuk mendapatkan kepatuhan pembaca
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Penyusunan Pesan, Undas.co, Industri Kreatif
  • NIM: 1202055178
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunnisa, S.Sos, MM dan Hikmah, S.Sos., M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal (06-16-16-04-54-05).docx (49 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal (06-16-16-04-54-05).pdf (86 kB)