PERAN DINAS PARIWISATA EKONOMI KREATIF, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM MENGELOLA “BRANDING” KOTA SAMARINDA (Eko Saputra)
Submitted by: ,
On: Jun 16, 2016 @ 12:56 AM
IP: 180.248.65.99
- Judul artikel eJournal: PERAN DINAS PARIWISATA EKONOMI KREATIF, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM MENGELOLA “BRANDING” KOTA SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): Eko Saputra
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Eko Saputra, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan judul Peran Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika Dalam Mengelola “Branding” Kota Samarinda. Dosen Pembimbing 1 Drs. Endang Erawan, M.Si dan Dosen Pembimbing 2 Annisa Wahyuni Arsyad, S.Ip, M.M
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peran Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika Dalam Mengelola “Branding” Kota Samarinda dan untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung Peran Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika Dalam Mengelola “Branding” Kota Samarinda.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah: 1. Mapping Survey 2.Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung Peran Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika Dalam Mengelola “Branding” Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. diperoleh penulis bahwa Peran Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika Dalam Mengelola “Branding” Kota Samarinda Mapping Survey, proses survey persepsi dan ekspektasi yang dilakukaan pemerintah kota khususnya yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika kota Samarinda saat ini sangatlah rumit dikarenakan masyarakat Kota Samarinda terdiri dari berbagai macam suku dan antar etnik yang bersifat heterogen tetapi proses ini tetap berjalan dan Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda selalu melakukan koordinasi pada para stakeholders dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Pemerintah kota melalui Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika tidak bisa melanjutkan proses tahapan City Branding atau Branding Kota selanjutnya dari Mapping Survey dikarenakan terkandala dalam (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) APBD yang sangat minim untuk tahun 2016. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran, Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika, “Branding”K
- NIM: 1102055184
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Drs. Endang Erawan, M.Si & Annisa Wahyuni Arsyad,S.ip.MM
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 4
- Nomor: 2
- Tahun: 2016
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Eko (06-16-16-12-56-45).docx (64 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Eko (06-16-16-12-56-45).pdf (413 kB)