Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Analisis Deskriptif Pemaknaan Iklan Djarum 76 Versi “Wakil Rakyat” di Televisi (Eva Marsteffy Suhartono)

Submitted by: ,
On: Aug 22, 2013 @ 4:50 AM
IP: 182.14.184.168

  • Judul artikel eJournal: Analisis Deskriptif Pemaknaan Iklan Djarum 76 Versi “Wakil Rakyat” di Televisi
  • Pengarang (nama mhs): Eva Marsteffy Suhartono
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Iklan rokok adalah iklan yang dibatasi dengan dilarangnya memperlihatkan wujud rokok. Inilah yang membuat iklan rokok berbeda dan para biro iklan rokok harus berpikir lebih krearif untuk bisa tetap membuat iklan untuk produk rokok. Iklan Djarum 76 adalah iklan yang memiliki konsep berbeda dengan iklan rokok lainnya. Fokus penelitian ini adalah tanda-tanda audiovisual yang memiliki makna, yaitu kata (bahasa), isyarat tubuh, cahaya, warna, teks, dan efek suara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu studi dokumen, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tampilan visual dari Iklan Djarum 76 Versi Wakil Rakyat terdiri dari tanda-tanda audiovisual yang memberikan makna keseluruhan secara utuh ketika semua unsur digabungkan. Setting iklan ini menampilkan ruangan dan para talent yang memerankan Wakil Ketua, Wakil Rakyat Miskin, dan Wakil Orang Kecil dalam ruangan tersebut. Sesaat setelah kemunculan Jin dalam ruangan tersebut, Wakil Ketua mengajukan permintaan agar pangkatnya dinaikkan dan dikabulkan dalam sekejap oleh Jin dengan menghilangkan kata “Wakil” pada papan nama Wakil Ketua menjadi “Ketua”. Wakil Rakyat Miskin meminta hal yang sama namun hasilnya berbeda dengan yang diharapkan. Jin menghilangkan kata “Wakil” dari papan nama mereka menjadi “Rakyat Miskin” saja. Keinginan untuk cepat naik pangkat malah membuat para Wakil Rakyat Miskin kecewa karena hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah iklan Djarum 76 Versi Wakil Rakyat ini tidak hanya mempromosikan produk tapi juga memberikan kritik sosial terhadap permasalahan yang biasa terjadi di Indonesia.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Iklan, Pemaknaan
  • NIM: 0902055184
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M. Si , Silviana Purwanti, S.Sos.,M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 1
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal_Eva Marsteffy S_genap (08-22-13-04-50-48).doc (123 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejournal_Eva Marsteffy S_genap (08-22-13-04-50-48).pdf (285 kB)