Strategi Komunikasi dalam Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Dinas Pendapatan Daerah di Kota Samarinda Studi pada Dinas Pendapatan Daerah Di Samarinda (Shella Gusti Suawa)
Submitted by: Suawa, Shella Gusti
On: May 2, 2013 @ 8:39 AM
IP: 125.160.72.225
- Judul artikel eJournal: Strategi Komunikasi dalam Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Dinas Pendapatan Daerah di Kota Samarinda Studi pada Dinas Pendapatan Daerah Di Samarinda
- Pengarang (nama mhs): Shella Gusti Suawa
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan strategi komunikasi dalam pelayanan jasa pada Dinas PendapatanDaerah di Kota Samarinda.Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif. Fokus utama penelitian yang ditetapkan adalah Strategi sosialisasi Dinas Pendapatan Daerah Kota Samarinda untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, Pesan yang disampaikan oleh Dinas Pendapatan Daerah, Efektivitas media ataupun prasarana yang di miliki oleh Dinas Pendapatan Daerah dan Faktor-faktor apa yang menghambat terlaksananya strategi komunikasi tersebut. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa.Strategi sosialisasi, Pesan, Efektifitas yang disampaikan dan faktor yang menghambat terlaksananya strategi komunikasiyang dilaksanakan sudah berjalan dengan baikStrategi sosialisasi dapat melalui baliho, spanduk, media masa dan internet. Isinya mengenai program-program pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan.Yang dilakukan yaitu melalui baliho, spanduk, dan 1 unit mobil yang telah dilakukan. Untuk himbauan masyarakat membayar pajak sehingga dikenakan denda pada masyarakat yang tidak membayar.Dinas Pendapatan yaitu Membuat spanduk tentang Pajak Bumi dan Bangunan, Famplet, sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan dan Kelurahan yang diteruskan ke Rukun Tetangga dan diteruskan ke masyarakat setempat. Setelah itu lewat Radio, Televisi dan koran. Pesan yang telah disampaikan kepada masyarakat telah berjalan dengan baik. Pesan yang disosialisasikan bagaimana peraturan daerah bagaimana pelaksanaannya, dan Peraturan Walikota bagaimana bentuk teknisnya.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Komunikasi dalam Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan
- NIM: 0802055223
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Drs. Sugandi, M.Si dan Diah Rahayu, S.Psi., M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 1
- Nomor: 1
- Tahun: 2013
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): SHELLA GUSTI SUAWA 0802055223 (05-02-13-08-39-05).docx (76 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): SHELLA GUSTI SUAWA 0802055223 (05-02-13-08-39-05).pdf (188 kB)