DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DANCE COVER K-POP CRUSH (Elkris Santiana, Rina Juwita, Kadek Dristiani Dwivayani)
Submitted by: ,
On: Jan 31, 2023 @ 6:52 AM
IP: 182.3.139.93
- Judul artikel eJournal: DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DANCE COVER K-POP CRUSH
- Pengarang (nama mhs): Elkris Santiana, Rina Juwita, Kadek Dristiani Dwivayani
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif komunitas dance cover Korean Pop crush (Crush Dc) di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini berfokus pada jumlah waktu, isi media, dan hubungan media dengan individu pada penggunaan instagram. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah waktu pengunaan instagram dapat menimbulkan perilaku konsumtif pada anggota Crush Dc karena semakin lama menggunakan instagram semakin banyak informasi yang diterima. Isi media yang ditampilkan di instagram secara sederhana dapat menimbulkan perilaku konsumtif pada anggota Crush Dc karena minim tipuan visual. Hubungan media instagram dengan individu menimbulkan anggota crush dc melakukan perilaku konsumtif karena terikat pada artis yang disukai. Karakteristik perilaku konsumtif anggota Crush Dc adalah memakai produk karena unsur konformitas terhadap model yang mengiklankan. Pembelian impulsif pada anggota Crush Dc masuk dalam tipe pure impulse. Pembelian tidak rasional anggota Crush Dc masuk dalam segi implusive buying dengan aspek afektif. Dimensi pemborosan anggota Crush Dc adalah tipe reminder impulse dan suggestion impulse. Dampak negatif penggunaan instagram terhadap perilaku konsumtif adalah membeli barang yang tidak perlu dan boros. Adapun dampak positifnya adalah adanya pengakuan dan validasi dari sesama penggemar Korea.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Instagram, Konsumtif, Media Sosial, K-Pop
- NIM: 1702055100
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr.RinaJuwita,S.IP.,MHRIR, Kadek Dristiani Dwivayani,S.Sos.,M.Med
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 11
- Nomor: 2
- Tahun: 2023
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Elkris_S_Ejournal (01-31-23-06-52-32).doc (129 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Elkris_S_Ejournal (01-31-23-06-52-32).pdf (208 kB)