Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Komunikasi Persuasif Antara Orang Tua dan Anak Dalam Meningkatkan Self-Esteem Pada Anak Penderita Kanker (Studi Pada Komunitas Support Kanker Samarinda) (Amrilia Sawitri , Silviana Purwanti, Annisa Wahyuni Arsyad)

Submitted by: Sawitri, Amrilia
On: Jan 20, 2022 @ 3:57 AM
IP: 182.3.135.14

  • Judul artikel eJournal: Komunikasi Persuasif Antara Orang Tua dan Anak Dalam Meningkatkan Self-Esteem Pada Anak Penderita Kanker (Studi Pada Komunitas Support Kanker Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): Amrilia Sawitri , Silviana Purwanti, Annisa Wahyuni Arsyad
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Secara garis besar tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan komunikasi persuasif antara orang tua dan anak dalam meningkatkan self-esteem pada anak penderita kanker, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian secara kualitatif, adapun fokus penelitian pada penelitian ini antara lain teori FIRO dengan tiga indikator yaitu, inclusion (inklusi), control (kontrol), affection (afeksi). Sasaran penerapan komunikasi persuasif dalam meningkatkan self-esteem adalah anak yang memiliki penyakit kanker yang pendampingnya (orang tua) merupakan anggota dari Komunitas Support Kanker Samarinda. Komunikasi persuasif digunakan orang tua untuk membuat anak kooperatif dalam kesehariannya, serta membantu anak untuk dapat meningkatkan kembali self-esteemnya yang menurun dikarenakan penyakit yang ia derita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui indikator inclusion (inklusi) peran orang tua mampu memberikan motivasi secara selektif sehingga anak mau terbuka ketika bersama orang tua, dalam artian orang tua dapat meningkatkan self-esteem anak meskipun secara tidak langsung, pada indikator control (kontrol) upaya orang tua dalam melakukan komunikasi persuasif untuk meningkatkan kembali self-esteem pada anak sudah dilakukan dengan cukup baik, anak merasa nyaman dan lebih mampu mengutarakan perasaan kepada kedua orang tuanya. Pada ndikator affection (afeksi) upaya orang tua untuk mengembangkan kebutuhan anak sudah cukup baik, anak mau berbagi cerita, serta berkomunikasi menceritakan masalah yang dihadapi sehingga pendamping dapat melakukan penanganan melakukan pengobatan yang tepat bagi anak penderita kanker untuk dapat kembali meningkatkan self-esteemnya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Persuasif, Orang Tua dan Anak, Self-Esteem, Anak Penderita Kanker.
  • NIM: 1602055024
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si dan Annisa Wahyuni Arsyad,S.IP.,M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 9
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2021
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): (3)ejournal_amrilia_sawitri (01-20-22-03-57-06).docx (43 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): (3)ejournal_amrilia_sawitri-converted (1) (01-20-22-03-57-06).pdf (157 kB)