Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI KOMUNIKASI SAMARINDA FOODIES DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KULINER LOKAL DI SAMARINDA (Aldisa Fadlillah,Finnah Fourqonnniah, Annisa Wahyuni Arsyad)

Submitted by: ,
On: Aug 27, 2021 @ 2:00 AM
IP: 36.82.188.64

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI SAMARINDA FOODIES DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KULINER LOKAL DI SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Aldisa Fadlillah,Finnah Fourqonnniah, Annisa Wahyuni Arsyad
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Samarinda foodies adalah akun panduan kuliner yang menggunakan media sosial instagram sebagai media utamanya dalam menyampaikan informasi seputar kuliner di kota Samarinda dan sekitarnya. Kehadiran Samarinda foodies yang sudah memberikan informasi seputar kuliner sejak tahun 2015 menjadikan Samarinda foodies sebagai media yang tentunya memiliki efek terhadap merek-merek lokal atau usaha kuliner yang ada di kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan menggunakna metode kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian mengacu pada teori yang dikemukakan oleh middleton dalam cangara (2013) yang menyatakan bahwa strategi komunikasi adalah kombinasi terbaik antara dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator, pesan, saluran, penerima, sampai pada pengaruh yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi yang optimal. Setelah dilakukan penelitian yang mendalam terhadap efek dari Samarinda foodies peneliti mendapati bahwa Samarinda foodies adalah sebauh akun yang memiliki dampak cukup baik kepada beberapa brand atau usaha tapi tidak semua konten yang dibagikan oleh Samarinda foodies akan memiliki dampak yang sama antara satu dan lainnya. Karena bagaimanapun juga Samarinda foodies sendiri hanya bersifat sebagai komunikator yang menyampaikan sebauh pesan melalui strategi komunikasi yang telah mereka rancang sebelumnya, seperti strategi komunikasi Samarinda fiiduesm Strategi pemilihan komunikator, strategi penentuan pesan, strategi pemilihan media, strategi pemilihanm khalayak, serta efek yang ditimbulkan terhadap kesadaran sebuah usaha atau brand.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi komunikasi, Brand Awareness, brand lokal
  • NIM: 1402055034
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Finnah Fourqonnniah & Annisa Wahyuni Arsyad
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 9
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2021
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Aldisa Fadlillah revisi (08-27-21-02-00-14).docx (41 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Aldisa Fadlillah (08-27-21-02-00-14).pdf (313 kB)