Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Analisis Isi Nilai Sosial Dalam Iklan Astra SATU Indonesia (Shafira Pandu Winata, Ainun Ni’matu Rohmah, Nurliah)

Submitted by: Winata, Shafira
On: Jan 29, 2021 @ 6:22 AM
IP: 125.160.64.76

  • Judul artikel eJournal: Analisis Isi Nilai Sosial Dalam Iklan Astra SATU Indonesia
  • Pengarang (nama mhs): Shafira Pandu Winata, Ainun Ni’matu Rohmah, Nurliah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sosial yang disampaikan dalam lima iklan Astra SATU Indonesia. Serta menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Ruang lingkup penelitian ini adalah seluruh teks yakni scene/gambar dan kata- kata yang termasuk kedalam indikator nilai sosial. Tahapan awal penelitian ini adalah menentukan tujuan analisis, merumuskan konsep dan operasionalisasi penelitian, kemudian menyusun lembar koding yang berisikan indikator penelitian. Setelah itu, indikator diuji menggunakan validitas isi dan dilakukan uji reliabilitas antar coder dengan menggunakan rumus formula Ole.R.Holsti dalam (Eriyanto, 2011). Setelah pengkodingan dilanjutkan dengan mendeskripsikan hasil analisis data kedalam tabel frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat nilai sosial yang disampaikan serta sering muncul pada iklan Astra SATU Indonesia adalah nilai vital sebanyak 57 kali kemunculan atau 35%, sedangkan nilai moral muncul sebanyak 54 kali atau 33%, Kemudian, nilai sosial yang kurang dominan pada kategori nilai material muncul sebanyak 27 kali atau 17%, kemudian nilai kebenaran muncul sebanyak 21 kali atau 13%, terakhir nilai keindahan muncul sebanyak 4 kali atau 2%. Nilai sosial yang muncul sejalan dengan konsep piramida CSR (Saidi dan Abidin, 2004) yakni tanggung jawab etis dan tanggung jawab filantropis perusahaan, konsep piramida csr dan nilai sosial yang ditampilkan dalam iklan korporat merupakan bentuk usaha perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat sehingga dapat memperkuat reputasi PT. Astra International Tbk.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Analisis Isi, Nilai Sosial, dan Iklan Korporat
  • NIM: 1602055010
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Ainun Ni’matu Rohmah, S.I.Kom., M.A, Nurliah, S.Sos., M.I.Kom.
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 9
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2021
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal_Shafira_1602055010 (01-29-21-06-22-36).docx (190 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejournal_Shafira_1602055010 (01-29-21-06-22-36).pdf (575 kB)