ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN GRAB (TERIMAKASIH SEPANJANG-PANJANGNYA) DI CHANNEL YOUTUBE (Muhammad Naufal Abna Dikara, Hairunnisa)
Submitted by: ,
On: Jul 20, 2022 @ 1:04 AM
IP: 125.160.112.132
- Judul artikel eJournal: ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN GRAB (TERIMAKASIH SEPANJANG-PANJANGNYA) DI CHANNEL YOUTUBE
- Pengarang (nama mhs): Muhammad Naufal Abna Dikara, Hairunnisa
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Media massa berkembang pesat setiap tahunnya, iklan adalah salah satu produk media massa yang mau tidak mau mengikuti perkembangan tersebut. Selain hal tersebut tidak dapat di pungkiri iklan merupakan cara media massa mempertahankan eksistensi dan kelangsungan hidup media massa. Iklan adalah fenomena bisnis modern di era sekarang. Iklan adalah salah satu produk dia massa yang fungsi utama iklan adalah untuk memperkenalkan suatu produk, layanan, juga membentuk citra brand atau perusahaan. Iklan pada dasarnya berisi symbol maupun tanda yang di representasikan atas realita-realita dan fenomena yang di tangkap olehsi pembuatnya. Kerena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda yang mempresentasikan pesan sosial dalam iklan Grab Terimakasih Sepanjangpanjangnya. Penelitian ini berdasarkan pada teori Semiotika Roland Barthes yang menganalisis menggunakan pemaknaan bertingkat, yaitu makna denotasi, konotasi, dan kemudian mitos yang dimunculkan. Makna denotasi dimengerti secara harfiah atau makna yang sesungguhnya. Makna konotasi adalah makna yang tersembunyi atau implisit, sedangkan mitos adalah pemaknaan yang muncul setelah konotasi atau perkembangan dari konotasi. Dari penelitian ini iklan grab terimakasih sepanjang-panjangnya banyak memuat pesan-pesan sosial yang menampilkan hal-hal kepekaan dan empati dalam kehidupan, yaitu kepedulian terhadap kaum difable, bentuk dan etika bekerjasama, kesenjangan pendidikan, dan juga keharmosian sebuah dalam keluarga. Secara semiotika, iklan grab terimakasih sepanjang-panjangnya sebenarnya memiliki pesan tersirat berupa komunikasi pemasaran, yang dibalut dengan menampilkan grab sebagai perusahaan yang sangat humanis dan memahami permasalahan sosial. Pesan sosial dalam iklan grab terimakasih sepanjang-panjangnya, banyak memuat pesan yang tidak sesuai dengan realita ataupun mitos yang ada dalam masyarakat
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Iklan Grab, Semiotika, Pesan Sosial
- NIM: 1502055031
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Hairunnisa
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 10
- Nomor: 3
- Tahun: 2022
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): E Journal Muhammad Naufal Abna Dikara (07-20-22-01-04-37).docx (137 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): E journal Muhammad Naufal Abna Dikara (07-20-22-01-04-37).pdf (216 kB)