Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN GRAB (TERIMAKASIH SEPANJANG-PANJANGNYA) DI CHANNEL YOUTUBE (Muhammad Naufal Abna Dikara, Hairunnisa)

Submitted by: ,
On: Jul 20, 2022 @ 1:04 AM
IP: 125.160.112.132

  • Judul artikel eJournal: ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN GRAB (TERIMAKASIH SEPANJANG-PANJANGNYA) DI CHANNEL YOUTUBE
  • Pengarang (nama mhs): Muhammad Naufal Abna Dikara, Hairunnisa
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Media massa berkembang pesat setiap tahunnya, iklan adalah salah satu produk media massa yang mau tidak mau mengikuti perkembangan tersebut. Selain hal tersebut tidak dapat di pungkiri iklan merupakan cara media massa mempertahankan eksistensi dan kelangsungan hidup media massa. Iklan adalah fenomena bisnis modern di era sekarang. Iklan adalah salah satu produk dia massa yang fungsi utama iklan adalah untuk memperkenalkan suatu produk, layanan, juga membentuk citra brand atau perusahaan. Iklan pada dasarnya berisi symbol maupun tanda yang di representasikan atas realita-realita dan fenomena yang di tangkap olehsi pembuatnya. Kerena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda yang mempresentasikan pesan sosial dalam iklan Grab Terimakasih Sepanjangpanjangnya. Penelitian ini berdasarkan pada teori Semiotika Roland Barthes yang menganalisis menggunakan pemaknaan bertingkat, yaitu makna denotasi, konotasi, dan kemudian mitos yang dimunculkan. Makna denotasi dimengerti secara harfiah atau makna yang sesungguhnya. Makna konotasi adalah makna yang tersembunyi atau implisit, sedangkan mitos adalah pemaknaan yang muncul setelah konotasi atau perkembangan dari konotasi. Dari penelitian ini iklan grab terimakasih sepanjang-panjangnya banyak memuat pesan-pesan sosial yang menampilkan hal-hal kepekaan dan empati dalam kehidupan, yaitu kepedulian terhadap kaum difable, bentuk dan etika bekerjasama, kesenjangan pendidikan, dan juga keharmosian sebuah dalam keluarga. Secara semiotika, iklan grab terimakasih sepanjang-panjangnya sebenarnya memiliki pesan tersirat berupa komunikasi pemasaran, yang dibalut dengan menampilkan grab sebagai perusahaan yang sangat humanis dan memahami permasalahan sosial. Pesan sosial dalam iklan grab terimakasih sepanjang-panjangnya, banyak memuat pesan yang tidak sesuai dengan realita ataupun mitos yang ada dalam masyarakat
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Iklan Grab, Semiotika, Pesan Sosial
  • NIM: 1502055031
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hairunnisa
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 10
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): E Journal Muhammad Naufal Abna Dikara (07-20-22-01-04-37).docx (137 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): E journal Muhammad Naufal Abna Dikara (07-20-22-01-04-37).pdf (216 kB)

Print Friendly, PDF & Email



  1. Online Casino India
  2. Best Aviator Game App In India
  3. Andar Bahar Online Game
  4. Casino App Real Money India
  5. Best Cricket Betting Sites In India
  6. Best Casino Game to Win Real Money
  7. Online Casino Games In India
  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Judi Slot Terpercaya
  4. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  5. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  6. Slot Hacker
  7. Situs Slot Online Terbaik
  8. Slot Gacor Gampang Menang
  9. Slot Online
  10. Situs Slot Online Terbaik 2022
  11. Slot RTP Pragmatic
  12. Situs Slot Gacor 2022