HIPEREALITAS “KEKINIAN” PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman) (Nindi Nisa Nurrakhmani , Sugandi , Rina Rifayanti)
Submitted by: ,
On: Nov 1, 2019 @ 6:40 AM
IP: 180.248.100.70
- Judul artikel eJournal: HIPEREALITAS “KEKINIAN” PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman)
- Pengarang (nama mhs): Nindi Nisa Nurrakhmani , Sugandi , Rina Rifayanti
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Nindi Nisa Nurrakhmani, NIM. 1202055030, Hiperealitas “Kekinian” pada Pengguna Media Sosial Instagram (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Uniersitas Mulawarman) dibawah bimbingan Drs. Sugandi, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Rina Rifayanti, S.Psi, M.Psi selaku Dosen Pembimbing II Program Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hiperealitas “kekinian” pada pengguna media sosial Instagram. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah peneliti ingin menunjukkan bahwa sifat hiperealitas ini bisa saja dimiliki oleh mahasiswa yang aktif bermedia sosial Instagram dan juga ingin melihat apakah mereka yang aktif bermedia sosial ini memiliki sifat hiperealitas pada topik ‘kekinian’ yang menjamur di Instagram. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitataif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif oleh Matthew B. Milles, A. Michael Huberman dalam Djam’an Satori. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa narasumber yang telah diwawancari dengan dua fokus penelitian yaitu simulasi dan relitas, tidak memiliki sifat hiperealitas yang diakibatkan oleh topik-topik ‘kekinian’ dalam media sosial Instagram. Ketujuh narasumber dapat menyikapi topik-topik demikian secara biasa dan wajar meskipun ada beberapa jawaban yang termasuk dalam sifat hiperealitas. Namun tidak sampai mengubah kepribadian yang diakibatkan terpaan topik-topik ‘kekinian’ yang kian menjamur dalam media sosial. Sehingga peneliti menyimpulkan ketujuh narasumber ini tidak memiliki sifat hiperealitas pada topik ‘kekinian’ yang tersebar dalam media sosial Instagram.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Hiperealitas, Kekinian, Instagram, Mahasiswa
- NIM: 1202055030
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Drs. Sugandi, M.Si dan Rina Rifayanti, S.Psi, M.Psi
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 7
- Nomor: 4
- Tahun: 2019
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal nindi_ganjil (11-01-19-06-40-18).doc (139 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal nindi_ganjil (11-01-19-06-40-18).pdf (419 kB)