Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PERANAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SMRFOODIES DALAM INTERAKSI SOSIAL (Riska Purwandani, Hariunnisa , Johanta Alfando)

Submitted by: ,
On: Oct 3, 2019 @ 6:16 AM
IP: 180.248.122.226

  • Judul artikel eJournal: PERANAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SMRFOODIES DALAM INTERAKSI SOSIAL
  • Pengarang (nama mhs): Riska Purwandani, Hariunnisa , Johanta Alfando
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Instagram merupakan salah satu bentuk dari media sosial yang berfungsi untuk berinteraksi dan berbagi informasi dengan sesama penggunanya melalui gambar. Fenomena dari interaksi sosial di Instagram dapat dilihat dalam akun @smrfoodies yang memberikan informasi mengenai kuliner di Kota Samarinda. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Interaksi Sosial (Bungin,2006) yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peranan media sosial Instagram akun @smrfoodies dalam interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengaan teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun @smrfoodies menggunakan media sosial Instagram karena lebih mudah dikendalikan dalam interaksi sosial melalui fitur like, kolom komentar, share¸ dan direct messenger sehingga berpengaruh pada interaksi sosial secara tatap muka seperti adanya kegiatan sosial, food festival, berkumpul dengan pecinta kuliner, serta dijadikannya konten akun @smrfoodies sebagai referensi untuk tempat berkumpul followers dengan teman – temannya. Interaksi sosial tersebut mengakibatkan adanya kerja sama antara akun @smrfoodies dengan pihak lain mulai dari kerja sama sosial hingga yang mendapatkan keuntungan. Selain itu, terdapat pula konflik seperti konten yang di-upload oleh akun @smrfoodies tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Hal ini menunjukkan peranan media sosial akun @smrfoodies dalam peranan sosialnya yaitu sebagai peranan yang disesuaikan (actual roles) dan peranan pilihan (achives role
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Media Sosial, Instagram, Interaksi Sosial.
  • NIM: 1502055012
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunnisa, S.So.,MM dan Johantan Alfando WS, S.I.Kom., M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 7
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (10-03-19-06-16-16).docx (48 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (10-03-19-06-16-16).pdf (389 kB)