STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ROTI GEMBONG HAPPY DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN (Zulfa Rohmatin)
Submitted by: ,
On: Aug 15, 2018 @ 12:32 AM
IP: 125.160.21.170
- Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ROTI GEMBONG HAPPY DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN
- Pengarang (nama mhs): Zulfa Rohmatin
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Roti Gembong Happy Samarinda dalam menarik minat konsumen. Penelitian ini menggunakan teori S-M-C-R dan AIDDA. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif.. Adapun metode pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan Penelitian Lapangan (Field Work Research) dengan mempergunakan beberapa cara yaitu Observasi dan Wawancara. Analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data yang digunakan adalah data model interaktif seperti yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi komunikasi pemasaran Roti Gembong Happy dalam menarik minat beli konsumen diawali dengan membangkitkan ketertarikan konsumen dengan melakukan periklanan berupa spanduk, baliho dan logo serta membuat promosi penjualan berupa cashback, promo dibulan ramadhan dan adanya promo beli satu gratis satu. Kemudian untuk lebih membangkitkan perhatian konsumen, promo tersebut dapat dilihat melalui akun facebook pribadi para mitra ataupun fanspage roti happy. Dengan menggunakan periklanan serta promosi penjualan , roti happy memunculkan hasrat dan menimbulkan keputusan para konsumen untuk membeli produk roti happy. Periklanan yang dilakukan oleh Roti Happy tidak menggunakan media cetak ataupun media elektronik. Dari strategi yang telah dilaksanakan, ternyata roti gembong happy lebih sering menggunakan media online facebook. Tujuannya disamping memberikan informasi seputar promosi penjualan guna menarik minat beli konsumen, juga sekaligus memberikan pelayanan atau respon langsung kepada pelanggan. Strategi bauran pemasaran yang dianggap paling efektif dalam menarik minat beli konsumen adalah melalui promosi penjualan serta pemasaran melalui media online seperti facebook.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Pemasaran, Roti Gembong Happy, Minat Konsumsi
- NIM: 1102055065
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Hj. Hairunnisa, S.Sos,. MM/Kezia Arum Sary, S.Ds, M.Med. Kom
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 6
- Nomor: 3
- Tahun: 2018
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Zulfa (08-15-18-12-32-39).doc (116 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Zulfa (08-15-18-12-32-39).pdf (692 kB)