Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA TARAKAN DALAM MEMPROMOSIKAN KAWASAN KONSERVASI MANGROVE DAN BEKANTAN (Sartika Sari Dewi)

Submitted by: ,
On: Nov 8, 2017 @ 3:40 AM
IP: 125.160.46.72

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA TARAKAN DALAM MEMPROMOSIKAN KAWASAN KONSERVASI MANGROVE DAN BEKANTAN
  • Pengarang (nama mhs): Sartika Sari Dewi
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Tarakan dalam mempromosikan Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan, dibawah bimbingan yang saya hormati Ibu Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S selaku dosen pembimbing I dan Ibu Inda Fitriyarini, S.Sos, M.Si selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi strategi komunikasi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Tarakan dalam mempromosikan Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan lokasi penellitian di Jalan Jenderal Sudirman No. 76, kantor Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Tarakan Kalimantan Utara. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data kualitatif interaktif dari Miles, Huberman. Key informan dan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Tarakan, Seksi Bidang Promosi dan Pemasaran, serta Seksi Bidang Pengembangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi yang telah dilakukan berjalan dengan baik. Namun hingga penghujung tahun 2016, jumlah pengunjung wisatawan domestik mengalami penurunan. Hal ini disebabkan kurangnya perhatian dinas sebagai komunikator dalam mempromosikan KKMB melalui media sosial yang seharusnya menjadi fokus strategi kegiatan promosi mereka. Diharapkan untuk tahun selanjutnya promosi yang dilaksanakan lebih aktif dan kreatif agar jumlah pengunjung KKMB meningkat setiap tahunnya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Komunikasi, Promosi, KKMB
  • NIM: 1202055077
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S; Inda Fitriyarini, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJOURNAL TIKA SEBELUM PDD (11-08-17-03-40-17).docx (47 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL TIKA SEBELUM PDD (11-08-17-03-40-17).pdf (70 kB)