Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

MEDIA KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA KOTA SAMARINDA DALAM MEMPROMOSIKAN SARUNG TENUN SAMAINDA SEBERANG (Ikhwan Nur Kholis)

Submitted by: ,
On: Sep 4, 2017 @ 7:36 AM
IP: 180.248.100.250

  • Judul artikel eJournal: MEDIA KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA KOTA SAMARINDA DALAM MEMPROMOSIKAN SARUNG TENUN SAMAINDA SEBERANG
  • Pengarang (nama mhs): Ikhwan Nur Kholis
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Media Komunikasi Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam mempromosikan Sarung Tenun Samainda Seberang. Peneliti menggunakan teori peran dan teori bauran promosi (promotional mix). Teori ini relevan dengan judul yang dibawakan oleh peneliti yaitu untuk mencari tahu peran Dinas Pariwisata melalui elemen bauran promosi (promotional mix) : iklan (advertising), interactive/internet marketing, publicity/public relation. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis data interaktif milik Miles & Huberman. Konsep analisis data interaktif dalam metode ini ialah aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh melalui Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu; (1) iklan (advertising), (2) interactive/internet marketing, (3) publicity/public relation. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ada satu, yaitu teknik Purposive Sampling dengan rentang waktu pengambilan sampel 01 juni – 20 juni 2017 pada lokasi penelitian Dinas Pariwisata Kota Samarinda. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukan analisis dengan variabel Media Komunikasi Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam mempromosikan Sarung Tenun Samainda Seberang, dilihat dari beberapa indikator yakni iklan (advertising), interactive/internet marketing, publicity/public relation. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Media Komunikasi Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam mempromosikan Sarung Samainda adalah guna memperkenalkan dan menanamkan rasa cinta terhadap produk Sarung Samarinda dengan menggunakan cara yaitu seperti mengimplentasikan motif hatta dari Sarung Tenun tehadap berbagai alat-alat media contohnya seperti baliho, spanduk, billboard, backdrop, gapura, pot bunga dan tempat sampah, media internet seperi website dan fanpage, serta melalui event, pameran dan seminar untuk publikasinya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Media Komunikasi Dinas Pariwisata, Kota Samarinda, Promosi Sarung Tenun Samarind
  • NIM: 1002055150
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hariati, S.Sos., M.Si dan Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL IKHWAN NUR KHOLIS (09-04-17-07-36-00).doc (116 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL IKHWAN NUR KHOLIS (09-04-17-07-36-00).pdf (64 kB)