PERAN MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM MENJANGKAU CALON SISWA BARU DI SMKN 7 SAMARINDA (Muhammad Rizky Ananda)
Submitted by: ,
On: Sep 4, 2017 @ 4:21 AM
IP: 180.248.109.117
- Judul artikel eJournal: PERAN MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM MENJANGKAU CALON SISWA BARU DI SMKN 7 SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): Muhammad Rizky Ananda
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini berisi tentang peran media komunikasi dan informasi dalam menjangkau calon siswa baru di SMKN 7 Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Media Komunikasi Dan Informasi Dalam Menjangkau Calon Siswa Baru Di SMKN 7 Samarinda. Peneliti menggunakan teori Uses And Gratification Teori ini relevan dengan peran media komunikasi dan informasi karena mengatakan bahwa pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. Dengan kata lain, penggunaan media adalah pihak yang aktif dalam proses komunikasi. Artinya, teori Uses and Gratifications mengasumsikan bahwa pengguna mempunyai hak dalam memilih media mana yang mereka gunakan dalam mendapatkan informasi. Serta Konvergensi Media yang merupakan Penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis data interaktif milik Miles & Huberman. Konsep analisis data interaktif dalam metode ini ialah aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh melalui Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu; (1) Edukasi (2) Informasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ada dua, yaitu teknik Purposive Sampling dan Accidental Sampling dengan rentang waktu pengambilan sampel 03 Juli – 10 Juli 2017 pada lokasi penelitian SMKN 7 Samarinda. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukan analisis dengan variabel peran media komunikasi dan informasi dalam menjangkau calon siswa baru, dilihat dari beberapa indikator yakni sebagai edukasi dan sebagai informasi maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peran media komunikasi dan informasi dalam menjangkau calon siswa baru dilihat dari efektivitas pesan yang disampaikan dirasa cukup maksimal dilihat dari banyaknya calon siswa yang dengan mudah mengerti tentang informasi yang di sampaikan oleh pihak SMKN 7 Samarinda. Informasi yang disajikan dinilai cukup detail dalam membimbing calon siswa untuk mengetahui tata cara mendaftar secara online.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran, Media Sekolah, Komunikasi, Informasi
- NIM: 1002055119
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Hj. Hariati, S.Sos, M.Si & Nurliah, S.Sos, M.Ikom
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 5
- Nomor: 3
- Tahun: 2017
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJOURNAL Rizky (09-04-17-04-21-14).doc (94 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL Rizky (09-04-17-04-21-14).pdf (55 kB)