Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Hubungan Antara Sosialisasi Rembug Air dengan Kepuasan Pelanggan PDAM di Kelurahan Loa Bakung Kota Samarinda (Rendy Wicaksono)

Submitted by: Wicaksono, Rendy
On: Aug 24, 2017 @ 1:14 AM
IP: 36.82.208.229

  • Judul artikel eJournal: Hubungan Antara Sosialisasi Rembug Air dengan Kepuasan Pelanggan PDAM di Kelurahan Loa Bakung Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Rendy Wicaksono
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Hubungan antara Sosialisasi Rembug Air dengan Kepuasan Pelanggan PDAM di Kelurahan Loa Bakung Kota Samarinda. Dibawah bimbingan selaku Ibu Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S Dosen Pembimbing I dan selaku Bapak Drs. Sugandi. M.Si Dosen Pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan antara Sosialisasi Rembug Air dengan Kepuasan Pelanggan PDAM di Kelurahan Loa Bakung Kota Samarinda. Jenis penelitian ini adalah asosiatif atau hubungan yaitu menjelaskan Hubungan Antara Sosialisasi Rembug Air dengan Kepuasan Pelanggan PDAM di Kelurahan Loa Bakun Kota Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan ukuran korelasi Rank Spearman. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket serta populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di kelurahan Loa Bakung Kota Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 55 orang. Berdasarkan analisis dan pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa kedua variabel yakni sosialisasi rembug air (x) dan kepuasan pelanggan (y) memperoleh empiris sebesar 0,305 sedangkan rs tabel untuk jumalah responden 55 adalah sebesar 0,266 dengan tingkat α = 0,05 untuk tes dua sisi sehingga jika diamati akan terlihat bahwa harga rs empiris lebih besar dari harga rs tabel yaitu = 0,305 > 0,266. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima H0 ditolak, artinya terdapat hubungan antara sosialisasi rembug air dengan kepuasan pelanggan PDAM di Kelurahan Loa Bakung Kota Samarinda.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Sosialisasi, “Rembug Air”, Kepuasan Pelanggan
  • NIM: 1102055111
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr.Hj. Nur Fitriyah M.S Drs. Sugandi. M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Rendy (08-24-17-01-14-56).docx (54 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Rendy (08-24-17-01-14-56).pdf (594 kB)