PENGARUH BRAND IMAGE PRODUK APPLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KOMUNITAS INSTAMARINDA (Terry Luana Aprilia)
Submitted by: ,
On: Aug 26, 2016 @ 3:31 AM
IP: 180.248.252.132
- Judul artikel eJournal: PENGARUH BRAND IMAGE PRODUK APPLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KOMUNITAS INSTAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): Terry Luana Aprilia
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Terry Luana Aprilia, 0902055223, Pengaruh Brand Image Produk Apple Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Komunitas Instamarinda, di bawah bimbingan Adietya Arie Hetami, S.Sos., selaku Dosen Pembimbing I, Annisa Wahyuni A, S.IP.,M.Si selaku Dosen Pembimbing II, dan Hj. Hairunnisa, S.Sos.,M.M selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari citra merek produk Apple terhadap keputusan pembelian konsumen.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey ekspalanatif yang bersifat asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah penelitian lapangan yang dibagi menjadi beberapa bagian, yakni kuisioner/angket, observasi dan wawancara. Pengujian validitas dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Corrected Item-Total Correlation. Pengukuran reliabilitas dilakukan dengan menguji statistik Cronbach Alpha. Teknik pengukuran penulis memakai pedoman kuisioner dan skala yang dipakai dalam pengukuran data adalah skala Likert. Pada penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dari indikator-indikator yang ada, ternyata dari penggunaan brand image dalam produk Apple memiliki tingkat pengaruh yang kuat terhadap perilaku konsumen. Hal ini dapat dilihat dari konsep kemungkinan dikenal, reputasi dan daya tarik, produk yang menggunakan positioning brand image sebagai pengaruh keputusan pembelian lebih menarik perhatian khalayak dibanding dengan yang tidak menggunakan positioning brand image, serta konsumen menilai mengenai bagaimana produk Apple itu memiliki kontribusi dan prestasi yang telah ditorehkan dari generasi ke generasi dunia gadget dan smartphone, sehingga khalayak akan memandang brand dalam produk tersebut sebagai komunikator yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi yang baik. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): brand image, produk apple, instamarinda
- NIM: 0902055223
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Adietya Arie Hetami, S.Sos., M.AB & Annisa Wahyuni A, S.IP.,M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 4
- Nomor: 3
- Tahun: 2016
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal (08-26-16-03-31-16).docx (41 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal (08-26-16-03-31-16).pdf (64 kB)