Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MEMBERIKAN EDUKASI KELUARGA BERENCANA UNTUK MEMILIH ALAT KONTRASEPSI WANITA DI RUMAH SAKIT BERSALIN AISYIAH KOTA SAMARINDA (Layl Julia Ningsih)

Submitted by: ,
On: Aug 26, 2016 @ 2:21 AM
IP: 180.248.248.104

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MEMBERIKAN EDUKASI KELUARGA BERENCANA UNTUK MEMILIH ALAT KONTRASEPSI WANITA DI RUMAH SAKIT BERSALIN AISYIAH KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Layl Julia Ningsih
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tujuannya untuk meneliti strategi komunikasi Rumah Sakit Aisyiyah dalam memberikan edukasi keluarga berencana untuk memilih alat kontrasepsi wanita. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan penelitian lapangan (field research) dengan melakukan kegiatan wawancara mendalam (In Depth interview). Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Bidan, Dokter Rumah Sakit Bersalin Aisyiyah dan pasangan usia subur yang dipilih secara acak.
    Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan seta menganalisis data yang telah diperoleh dan selanjutnya dijabarkan dalam bentuk penjelasan sebenarnya.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi Rumah Sakit Aisyiyah dalam sosialisasi program keluarga berencana dan edukasi pemilihan alat kontrasepsi wanita tidak lepas dari bantuan media massa, dan adanya hambatan yang dialami baik dari segi internal maupun eksternal.
    Sesuai dengan hasil observasi peneliti di lapangan, peneliti menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Aisyiyah dalam memberikan edukasi pemilihat alat kontrasepsi wanita kepada keluarga berencana sudah tepat. Adapun saran dari peneliti adalah agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan baik dari segi pemberi pelayanan atau petugas keluarga berencana dan penerima layanan atau masyarakat itu sendiri dan juga agar Rumah Sakit Aisyiyah dapat menggunakan media yang sifatnya massa seperti penggunaan layanan SMS atau Blackberry Messenger melalui kerjasama dengan provider telekomunikasi.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Komunikasi, Keluarga Berencana, Alat Kontrasepsi Wanita.
  • NIM: 1002055156
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Endang Erawan, M. Si dan Hj. Hairunnisa, S.Sos, MM
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Online (08-26-16-02-21-05).doc (99 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Online (08-26-16-02-21-05).pdf (194 kB)