PERAN LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK LOKAL (LPPL) TARAKAN TV SEBAGAI AGEN SOSIALISASI K3 (KETERTIBAN, KEBERSIHAN, DAN KEINDAHAN) KOTA KEPADA MASYARAKAT DI KOTA TARAKAN (Ismail)
Submitted by: ,
On: Aug 9, 2016 @ 9:05 AM
IP: 180.248.68.156
- Judul artikel eJournal: PERAN LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK LOKAL (LPPL) TARAKAN TV SEBAGAI AGEN SOSIALISASI K3 (KETERTIBAN, KEBERSIHAN, DAN KEINDAHAN) KOTA KEPADA MASYARAKAT DI KOTA TARAKAN
- Pengarang (nama mhs): Ismail
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Ismail, 1202055009, 2016. Peran Lemabaga Penyiaran Publik Lokal Tarakan TV sebagai Agen Sosialisasi K3 (Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan) Kota, Kepada masyarakat di Kota Tarakan, Skripsi, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda, 2016, dibawah bimbingan Dra. Lisbet Situmorang M.Si dan Nurliah, S.Sos, M.I.Kom.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Lemabaga Penyiaran Publik Lokal Tarakan TV sebagai Agen Sosialisasi K3 (Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan) kota, Kepada masyarakat di Kota Tarakan.
Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan penelitian deskriptif kulitatif. Jenis data yang disajikan melalui observasi dan wawancara menggunakan data primer yaitu Key informant Kabag Umum dan SDM Tarakan TV dan Informant Bagian Produksi Tarakan TV dan Kepala DKPP Kota Tarakan, data sekunder melalui sumber data dokumen Tarakan TV. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Lembaga Penyiaran Publik Lokal Tarakan TV sebagai Agen Sosialisasi K3 (Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan) Kota, kepada masyarakat di Kota Tarakan yaitu berperan sebagai media massa yang bersifat memberikan informasi, memberikan edukasi dan juga media masaa yang bersifat memengaruhi. Untuk memberikan informasi kepada masyarakat kota Tarakan dilakukan dengan cara menayangkan 13 berita melalui program berita seperti Lintas Pagi, Lintas Siang, Lintas Kaltara dan juga Lintas Malam, sementara untuk memberikan edukasi mengenai K3 (Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan) kota dilakukan melalui 5 (lima) tayangan Iklan Layanan Masyrakat dan untuk memengaruhi khalayak dilakukan dengan menayangkan 4 (empat) Iklan Layanan Masyrakat. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran, K3 (Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan), Agen Sosialisasi
- NIM: 1202055009
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dra. Lisbet Situmorang M.Si & Nurliah, S.Sos, M.I.Kom
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 4
- Nomor: 3
- Tahun: 2016
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Online (08-09-16-09-05-20).docx (41 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Online (08-09-16-09-05-20).pdf (258 kB)