Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA, EKONOMI KREATIF DAN KOMINFO DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA DI KOTA SAMARINDA (LUCKY SELLY AGUSTIN)

Submitted by: ,
On: Feb 18, 2016 @ 9:48 AM
IP: 180.248.70.205

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA, EKONOMI KREATIF DAN KOMINFO DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA DI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): LUCKY SELLY AGUSTIN
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo dalam meningkatkan pariwisata di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui key informan dengan wawancara langsung dan observasi seperti dokumentasi, arsip-arsip, dan dokumen yang berkaitan dan di perlukan dalam penelitian ini.
    Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif (Moleong, 2012:6) yaitu data yang dikumpulkan berupa data, gambar dan bukan angka-angka. Dengan menggunakan analisis data yang mengacu pada metode Miles, Huberman dan Saldana yaitu analisis data yang diawali dengan proses kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
    Dari Hasil penyajian data yang di peroleh, Wujud dari strategi komunikasi yang ada di Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo adalah dengan melakukan berbagai pencapaiaan perencaan kegiatan dan metode-metode yang digunakan dalam hal meningkatkan pariwisata di Kota Samarinda. Hal tersebut dapat dilakukan dengan adanya komunikasi yang terjalin dengan baik di lingkungan internal dan eksternal instansi. Diketahui bahwa strategi komunikasi Dinas Pariwisata dalam meningkatkan pariwisata telah dilaksanakan melalui strategi komunikasi melalui sosialisasi yang merupakan kegiatan untuk menyampaikan, menginformasikan, mengembangkan serta mengarahkan masyarakat akan pentingnya pariwisatan dan sadar wisata. Penggunaan media berupa media massa melalui media televisi, radio, surat kabar (koran), dan media baru internet (website) yang digunakan sebagai jembatan komunikasi untuk menyampaikan pesan dari Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo Kota Samarinda kepada masyarakat dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Special event untuk meningkatkan pariwisata di Kota Samarinda dengan mengadakan berbagai kegiatan seperti pameran yang sering di adakan di tepian Mahakam dan merupakan agenda penting yang diadakan dalam menggambarkan pariwisata Kota Samarinda melalui kegiatan budaya pariwisata Kota Samarinda.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Komunikasi, Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo
  • NIM: 1002055016
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Iman Surya, S. Sos., M. Si & Sabiruddin, S.Sos.I, M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Lucky Selly Agustin – Copy (02-18-16-09-48-46).docx (48 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Lucky Selly Agustin – Copy (02-18-16-09-48-46).pdf (88 kB)