Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DAN SISWA DALAM MENCEGAH KENAKALAN SISWA DI SMA N 1 BONTANG (Anggi Annisa Febriati)

Submitted by: Annisa, Anggi
On: Jan 9, 2015 @ 1:39 AM
IP: 61.94.86.202

  • Judul artikel eJournal: EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DAN SISWA DALAM MENCEGAH KENAKALAN SISWA DI SMA N 1 BONTANG
  • Pengarang (nama mhs): Anggi Annisa Febriati
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Rumusan permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana efektivitas komunikasi antar pribadi guru dan siswa dalam mencegah kenakalan siswa di SMAN 1 Bontang serta apa saja hambatannya. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian ini adalah menggunakan menggambar atau melukiskan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan mengenai efektivitas komunikasi antar pribadi guru dan siswa dalam mencegah kenakalan siswa. Data dikumpulkan melalui buku teks, referensi yang ada hubungannya dengan penulisan ini, observasi, wawancara dan penelitian lapangan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa komunikasi antar pribadi guru dan siswa dalam mencegah kenakalan siswa dalam bimbingan konseling di SMA Negeri 1 Bontang telah berjalan dengan cukup efektif. Hal ini terlihat karena secara garis besar murid telah merasa mempunyai hubungan yang baik dengan guru bimbingan konseling meskipun mengalami hambatan manusiawi yang terlihat dari beberapa murid yang mempunyai sifat pemalu sehingga kurang terbuka kepada guru. Dilihat dari keempat unsur komunikasi efektif lainnya yakni empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan telah berjalan dengan efektif. Guru bersikap baik dalam menghadapi muridnya, selalu menunjukkan sikap yang ramah, ingin membantu dan menghargai setiap pendapat murid yang berbeda-beda serta memberi kepercayaan kepada murid dan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan positif murid. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal yang efektif dapat meningkatkan hubungan interpersonal guru bimbingan konseling dan murid dan membantu murid tetap berada dalam koridor positif.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Antar Pribadi, Kenakalan Siswa
  • NIM: 0702055041
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2007
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si dan Drs. Sugandi, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 2
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Anggi (01-09-15-01-39-19).docx (43 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Anggi_3 (01-09-15-01-39-19).pdf (84 kB)