STRATEGI PUBLIKASI SARUNG SAMARINDA DINAS KEBUDAYAAN, PARIWISATA DAN KOMINFO KOTA SAMARINDA (Imron)
Submitted by: ,
On: May 31, 2014 @ 6:11 AM
IP: 192.168.0.101
- Judul artikel eJournal: STRATEGI PUBLIKASI SARUNG SAMARINDA DINAS KEBUDAYAAN, PARIWISATA DAN KOMINFO KOTA SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): Imron
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini berisikan tentang Strategi Publikasi Sarung Samarinda Dinas
Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda Melalui Media
Massa”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
Strategi publikasi sarung samarinda Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan
Kominfo Kota Samarinda melalui media massa. Teknik pengumpulan data
yang di lakukan peneliti yaitu dengan cara observasi dan wawancara langsung
dengan informan. Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara peneliti dapat
disimpulkan bahwa pesan yang disampaikan oleh Dinas Kebudayaan,
Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda mengenai sarung samarinda
disasarkan kepada semua masyaraka atau kalangan. Dengan isi pesan yang
dimuat adalah berupa informasi yang memperkenalkan dan mengajak
masyarakat turut melestariakan sarung samarinda. Strategi media massa yang
dilakukan saat ini adalah dengan memanfaatkan beberapa media massa lokal,
seperti televisi, radio dan surat kabar. Penggunaan media massa televisi dan
radio dilakukan dengan membangun kerjasama dengan media massa lokal,
seperti televisi (TVRI Kaltim dan Tepian TV) serta radio (Samarinda Fm dan
RRI Pro 2 Samarinda). Publikasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudyaan
Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda melalui media massa tersebut berupa
program talk show dan dialog interaktif yang bertema kebudayaan Kota
Samarinda. Setiap Talk Show dan dialog interaktif yang dilaksanakan tidak
selalu membahas tentang sarung samarinda, melainkan disesuaikan dengan
tema dari stasiun televisi dan radio masing-masing. Untuk publikasi sarung
samarinda melalui media cetak menggunakan semua surat kabar yang ada di
Kota Samarinda Samarinda, namun penggunaan surat kabar pun dapat
dikatakan tidak rutin artinya penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Disbudparkominfo Kota Samarinda, Media Massa, Sarung Samarinda
- NIM: 0902055156
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 2
- Nomor: 2
- Tahun: 2014
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJURNAL IMRON 327 NEWwwww (05-31-14-06-11-41).doc (119 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJURNAL IMRON 327 (05-31-14-06-11-41).pdf (91 kB)