Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI PUBLIKASI SARUNG SAMARINDA DINAS KEBUDAYAAN, PARIWISATA DAN KOMINFO KOTA SAMARINDA (Imron)

Submitted by: ,
On: May 31, 2014 @ 6:11 AM
IP: 192.168.0.101

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI PUBLIKASI SARUNG SAMARINDA DINAS KEBUDAYAAN, PARIWISATA DAN KOMINFO KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Imron
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini berisikan tentang Strategi Publikasi Sarung Samarinda Dinas
    Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda Melalui Media
    Massa”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
    Strategi publikasi sarung samarinda Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan
    Kominfo Kota Samarinda melalui media massa. Teknik pengumpulan data
    yang di lakukan peneliti yaitu dengan cara observasi dan wawancara langsung
    dengan informan. Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara peneliti dapat
    disimpulkan bahwa pesan yang disampaikan oleh Dinas Kebudayaan,
    Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda mengenai sarung samarinda
    disasarkan kepada semua masyaraka atau kalangan. Dengan isi pesan yang
    dimuat adalah berupa informasi yang memperkenalkan dan mengajak
    masyarakat turut melestariakan sarung samarinda. Strategi media massa yang
    dilakukan saat ini adalah dengan memanfaatkan beberapa media massa lokal,
    seperti televisi, radio dan surat kabar. Penggunaan media massa televisi dan
    radio dilakukan dengan membangun kerjasama dengan media massa lokal,
    seperti televisi (TVRI Kaltim dan Tepian TV) serta radio (Samarinda Fm dan
    RRI Pro 2 Samarinda). Publikasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudyaan
    Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda melalui media massa tersebut berupa
    program talk show dan dialog interaktif yang bertema kebudayaan Kota
    Samarinda. Setiap Talk Show dan dialog interaktif yang dilaksanakan tidak
    selalu membahas tentang sarung samarinda, melainkan disesuaikan dengan
    tema dari stasiun televisi dan radio masing-masing. Untuk publikasi sarung
    samarinda melalui media cetak menggunakan semua surat kabar yang ada di
    Kota Samarinda Samarinda, namun penggunaan surat kabar pun dapat
    dikatakan tidak rutin artinya penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Disbudparkominfo Kota Samarinda, Media Massa, Sarung Samarinda
  • NIM: 0902055156
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 2
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJURNAL IMRON 327 NEWwwww (05-31-14-06-11-41).doc (119 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJURNAL IMRON 327 (05-31-14-06-11-41).pdf (91 kB)