Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

KORELASI TAYANGAN IKLAN SABUN CUCI RINSO DI TELEVISI DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI DI KECAMATAN RANTAU PULUNG KABUPATEN KUTAI TIMUR (sudarko)

Submitted by: ,
On: Feb 13, 2014 @ 2:57 AM
IP: 192.168.106.28

  • Judul artikel eJournal: KORELASI TAYANGAN IKLAN SABUN CUCI RINSO DI TELEVISI DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI DI KECAMATAN RANTAU PULUNG KABUPATEN KUTAI TIMUR
  • Pengarang (nama mhs): sudarko
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini berisi tentang korelasi tayangan iklan iklan sabun cuci rinso di televisi dengan keputusan membeli. Metodelogi penelitian yaitu korelasional kuantitatif dengan populasi penelitian seluruh ibu rumah tangga di Desa Pulung Sari (RT 01 dan 04) dan Desa Margomulyo (RT 06 dan 08) Kecamatan Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur dan yang menjadi sampel yaitu ibu rumah tangga yang pernah menonton tayangan iklan sabun cuci Rinso di televisi dan menggunakan produk Rinso berjumlah 96 responden. Teknik sampel menggunakan Multistage Cluster Sampling. Teknik pengukuran data menggunakan skala likert dengan kriteria sistem skor; Sangat Setuju, Setuju, Netral, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak Setuju. Kemudian teknik analisi data yang digunakan yaitu analis korelasi dengan rumus Rank Spearman dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji t. Berdasarkan uji statistik Rank Spearman yang digunakan diketahui bahwa nilai rs yaitu 0.293. Untuk menentukan diterima atau tidaknya hipotesis maka digunakan uji t yang menghasilkan nilai 2.971 dimana t empiris lebih besar dari t tabel 2.000 (thitung = 2.971 < ttabel = 2.000). Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima ini berarti ada hubungan antara tayangan iklan iklan sabun cuci rinso di televisi dengan keputusan membeli di Kecamatan Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Tayangan iklan, Keputusan membeli
  • NIM: 0902055165
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: pembimbing I Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si, dan pembimbing II Drs. Ghufron, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 2
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Sudarko0902055165 (02-13-14-02-57-49).doc (123 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Sudarko0902055165 (02-13-14-02-57-49).pdf (281 kB)