Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI MEDIA KOMUNIKASI BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA SAMARINDA DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM PENCEGAHAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN) (Selamat Ryadi)

Submitted by: Ryadi, Selamat
On: Nov 16, 2013 @ 1:23 PM
IP: 39.244.211.87

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI MEDIA KOMUNIKASI BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA SAMARINDA DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM PENCEGAHAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN)
  • Pengarang (nama mhs): Selamat Ryadi
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini berjudul ‚ÄúStrategi Media Komunikasi Badan Narkotika Nasional Kota Samarinda Dalam Mensosialisasikan Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah Kualitatif Deskriptif dengan menggambarkan atau melukiskan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Data yang dikumpulkan dalam proses artikel ini adalah data yang berupa hasil wawancara, gambar dan dokumen-dokumen. Dari data tersebut diambil kesimpulan yang bersifat khusus mengenai desain strategi media komunikasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Samarinda. Subjek artikel adalah Kepala Seksi Pencegahan dan Kepala Tata Usaha BNN Kota Samarinda. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa strategi media yang digunakan oleh BNN Kota Samarinda dalam mensosialisasikan Program P4GN adalah dengan cara memanfaatkan media yang ada seperti media massa, media luar ruang, dan internet. Sasaran dari sosialisasi ini adalah segmentasi masyarakat yang dianggap rawan pada bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, yaitu ; mahasiswa, pelajar, PNS, dan pegawai swasta. Dengan isi pesan yang dimuat dalam sosialisasi adalah menekankan pada pencegahan dan rehabilitasi. Pencegahan menjadi pusat perhatian BNN Kota Samarinda untuk disosialisasikan karena BNN Kota Samarinda berharap kepada masyarakat yang terkena pesan sosialisasi ini nantinya dapat menjadi agen BNN di dalam keluarga bahkan masyarakat, sehingga terjadi efek domino didalamnya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kata Kunci : Strategi Media Komunikasi, Narkoba, P4GN, BNN Kota Samarinda
  • NIM: 0702055046
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2007
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Sugandi,M.Si dan Nurliah,S.Sos,M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 1
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Selamat Ryadi (085247677974) (11-16-13-01-23-23).docx (39 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Selamat Ryadi _085247677974_ (11-16-13-01-23-23).pdf (67 kB)