IKLAN POLITIK MELALUI MEDIA SOSIAL Pengaruh Iklan Politik Melaui Media Sosial (Facebook) Terhadap Minat Pemilih Kepala Daerah Di Kota Samarinda (Mochamad An Naas)
Submitted by: ,
On: Aug 22, 2016 @ 6:30 AM
IP: 125.160.13.93
- Judul artikel eJournal: IKLAN POLITIK MELALUI MEDIA SOSIAL Pengaruh Iklan Politik Melaui Media Sosial (Facebook) Terhadap Minat Pemilih Kepala Daerah Di Kota Samarinda
- Pengarang (nama mhs): Mochamad An Naas
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan politik dari media sosial (Facebook) terhadap minat pemilih kepala daerah di kota samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan analisis korelasi dan regrasi linear sederhana. Variabel dari penelitian ini adalah (x) Iklan politik pada masa kampanye dari bulan september hingga bulan desember, dan (y) Minat Pemilih Pengguna Facebook yang memberi Like pada iklan politik. Untuk mengukur dan mengetahui yang terdapat dalam variabel x adalah frekueansi, atensi dan durasi, sedangkan pada variabel y adalah aspek kognitif, aspek afeksi dan aspek konasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan tujuan untuk memperoleh data primer. Data primer menyangkut partisipasi para pemilih yang menggunakan Facebook, dan data Sekunder yaitu gambaran umum tentang pemilihan umum kepala daerah dan jumlah pemilih yang menggunakan Facebook secara acak (random). Teknik pengumpulan sampel menggunakan multistage random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasional dengan rumus korelasi pearson product moment (PPM).
Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara iklan politik melalui media sosial (Facebook) terhadap minat pemilih kepala daerah di kota samarinda, dengan hasil 0.648 menunjukan kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang erat. Nilai korelasi (r) berkisar antara 1 sampai -1, nilai semakin mendekati 1 atau -1 berarti hubungan antara dua variabel semakin kuat, sebaliknya nilai mendekati 0 berarti hubungan antara dua variabel semakin lemah. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pengaruh, Media Sosial, Minat.
- NIM: 0902055035
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. H. Muhammad Noor, M.Si & Drs. Endang Erawan, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 4
- Nomor: 3
- Tahun: 2016
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL ONLINE (08-22-16-06-30-29).doc (132 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL ONLINE (08-22-16-06-30-29).pdf (367 kB)