Peran Komunikasi Interpersonal Costumer Service PT Telekomunikasi Indonesi Datel Tenggarong Dalam Menangani Keluhan Pelanggan Pada Jaringan Internet (Felya Anggraini Fahlevi, Drs. Endang Erawan, M.Si , Johantan Alfando WS. S.I.Kom., M.I.Kom)
Submitted by: ,
On: Jun 7, 2022 @ 4:58 AM
IP: 36.78.203.76
- Judul artikel eJournal: Peran Komunikasi Interpersonal Costumer Service PT Telekomunikasi Indonesi Datel Tenggarong Dalam Menangani Keluhan Pelanggan Pada Jaringan Internet
- Pengarang (nama mhs): Felya Anggraini Fahlevi, Drs. Endang Erawan, M.Si , Johantan Alfando WS. S.I.Kom., M.I.Kom
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal costumer service PT. Telkom Indonesia Datel Tenggarong dalam menangani keluhan pelanggan pada jaringan internet agar mampu memberikan kepuasan pada pelanggan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus dari penelitian ini yaitu produk yang ditawarkan dengan memperhatikan ciri-ciri komunikasi interpersonal yaitu; arus pesan dua arah, suasana nonformal, umpan balik yang cepat, komunikasi dengan jarak dekat. Informan yaitu Kepala Kantor Daerah Telekomunikasi dan costumer service. Analisis data kualitatif menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran komunikasi arus pesan dua arah telah dilakukan dengan menunjukkan senyuman dan sapaan kepada pelanggan sehingga pelangganpun menanggapi komunikasi tersebut. Pada suasana nonformal costumer service berupaya tetap memberikan pelayanan maksimal pada pelanggan. Umpan balik yang cepat dapat saling diterima dan diberikan baik oleh pelanggan maupun costumer service. Costumer service dan pelanggan melakukan komunikasi jarak dekat, dalam arti dekat fisiologis saling bertatap mukanya ditandai adanya kontak mata pada para pelaku komunikasi dan dekat secara psikologis. Dalam komunikasi terjadi proses mengirim dan menerima pesan secara simultan dan spontan. Interaksi ini sudah didukung dengan penggunaan keterampilan komunikasi yang bersifat nonverbal seperti kontak mata, senyum, mimik muka serta gesture tubuh antar pengirim dan penerima pesan.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Costumer Service, Komunikasi, Pelanggan, Pelayanan
- NIM: 1602055088
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Drs. Endang Erawan M.Si , Johantan Alfando WS. S.I.Kom., M.I.Kom
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 10
- Nomor: 2
- Tahun: 2022
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Felya Anggraini Fahlevi. Ilkom B 1602055088 (06-07-22-04-58-07).doc (223 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Felya Anggraini Fahlevi. Ilkom B 1602055088 (06-07-22-04-58-07).pdf (553 kB)