PERSEPSI FOLLOWERS TERHADAP RELATIONSHIP GOALS DALAM VIDEO SELEBGRAM ALFY SAGA (Said Ahmad, Finnah Fourqoniah, Kadek Dristiana Dwivayani)
Submitted by: Ahmad, Said
On: Jun 21, 2020 @ 11:47 PM
IP: 36.82.221.218
- Judul artikel eJournal: PERSEPSI FOLLOWERS TERHADAP RELATIONSHIP GOALS DALAM VIDEO SELEBGRAM ALFY SAGA
- Pengarang (nama mhs): Said Ahmad, Finnah Fourqoniah, Kadek Dristiana Dwivayani
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui serta menganalisis persepsi followers terhadap relationship goals dalam video selebgram Alfy Saga. Fokus dalam penelitian ini meliputi seleksi, interpretasi, dan reaksi. Metode penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan secara sistematis sifat-sifat serta hubungan yang diselidiki menggunakan teori dramaturgi Erving Goffman. Fokus dalam penelitian ini meliputi seleksi, interpretasi, dan reaksi. Penelitian dilakukan dengan cara melihat persepsi followers terhadap perasaan ketika menonton video secara keseluruhan dan perasaan terhadap relationship goals yang ditampilkan, persepsi terhadap daya tarik tayangan dan alasan menandai atau mengirim video yang ditonton untuk orang lain, serta persepsi terhadap relationship goal yang ada di video dan penerapannya dikehidupan nyata. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara terhadap followers yang telah memenuhi kriteria yang ditentukan serta mencari data dari berbagai tulisan artikel, buku-buku, dan internet. Hasil penelitian menyatakan bahwa, persepsi followers terhadap relationship goals dalam video selebgram Alfy Saga adalah suatu hubungan yang romantis, saling pengertian, setia, jujur dan bertanggung jawab, serta telah sesuai dengan pemahaan followers terhadap pengertian apa itu relationship goals. Selain itu, persepsi terhadap latar belakang cerita dalam video juga sangat sesuai dan berkaitan erat dengan apa yang di alami oleh setiap followers dikehidupan nyata mereka meskipun pada pelaksanaannya, tidak semua followers memiliki persepsi yang sama terhadap penerapan relationship goals Alfy dan Fatma di kehidupan nyata. Pendekatan teori dramaturgi yang dilakukan Alfy dan Fatma telah berhasil, mereka dapat memainkan peran mereka sebagai pasangan kekasih di dalam video dengan sangat baik sehingga menciptakan persepsi followers terhadap relationship goals yang telah mereka ciptakan. Bentuk relationship goals yang ditampilkan juga sesuai dengan teori sibernetika dimana relationsip goals merupakan bentuk hubungan timbal balik di antara semua bagian dari sebuah sistem. Kesimpulan yang didapat adalah relationship goals yang ditampilkan di dalam video merupakan salah satu bentuk hubungan sosial yang positif, baik untuk di tonton maupun untuk di terapkan di kehidupan nyata walaupun tidak semudah apa yang di lihat, namun konsep relationship goals yang ditampilkan mampu menjadi referensi yang baik untuk setiap masyarakat khususnya followers.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Followers, Persepsi, Relationship Goals
- NIM: 1402055089
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
- Program Studi: Ilmu Komunikasi
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Finnah Fourqoniah,S.Sos., M.Si dan Kadek Dristiana Dwivayani,S.Sos, M.Med.Kom
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
- Volume: 8
- Nomor: 2
- Tahun: 2020
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Skripsi Persepsi Followers Terhadap Relationship Goals Dalam Video Selebgram Alfy Saga (06-21-20-11-47-22).docx (127 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Skripsi Persepsi Followers Terhadap Relationship Goals Dalam Video Selebgram Alfy Saga (06-21-20-11-47-22).pdf (370 kB)