Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI PROMOSI RED PRODUCTION DALAM PENYELENGGARAAN EVENT SAMARINDA SUN COLOR 2014 (Denta Herbiyanto)

Submitted by: ,
On: Sep 17, 2015 @ 4:07 AM
IP: 36.82.226.126

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI PROMOSI RED PRODUCTION DALAM PENYELENGGARAAN EVENT SAMARINDA SUN COLOR 2014
  • Pengarang (nama mhs): Denta Herbiyanto
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Denta Herbiyanto,2015Strategi Promosi Red Production, Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui strategi promosi yang di gunakan RED production dalam Event “Samarinda Sun Color 2014” dan Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam Strategi Promosi dilakukan pada event “Samarinda Sun Color 2014”. Promosi pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan, Tjiptono (2001 : 219). Red Production dipilih karena peneliti merasa tertarik dengan strategi yang digunakannya dalam memasarkan produk/jasa event “Samarinda Sun Color 2014”. Red Production menggunakan strategi marketing positioning serta promotion mix dalam setiap memasarkan produk/jasanya. Teori yang dipakai dalam penelitian ini ialah teori marketing Promotion Mix. Didalam Promotion Mix terdapat lima unsur strategi promosi yaitu, Advertising, Personal selling, Publicity(publisitas), Direct marketing, Sales Promotion. Dimana didalam setiap unsur tersebut terdapat beberapa strategi untuk mempengaruhi dan membujuk para konsumen untuk mengenal produk/jasa dari setiap perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti bersifat kualitatif deakriptif dengan menggunakan cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Fokus penelitian ini yaitu Strategi promosi apa yang di gunakan Red Production dalam menyelenggarakan event Samarinda Sun Color 2014. Peneltian ini lebih memfokuskan meneleliti tentang strategi promosi yang digunakn oleh perusahaan event organizer ini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Red Production dalam melakukan promosi event “Samarinda Sun Color 2014” menggunakan strategi yang telah direncanakan strategi yang dilakukan melalui pendekatan dan juga strategi marketing yang tercantum pada teori promotion mix yaitu Advertising, Personal selling, Publicity(publisitas), Direct marketing, Sales Promotion serta strategi tambahan yaitu positioning. Serta terdapat juga unsur yang dilakukan oleh Red Production dalam memasarkan produk/jasanya yaitu mereka selalu menekankan waktu yang tepat dan akurat dalam menembus pasar yang diingikan guna untuk menepati sasaran yang ingin di capai.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi, Strategi Promosi, Event Samarinda Sun Color 2014.
  • NIM: 1102055148
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof.Dr.H.Adam Idris, M.Si & Syahrul Syahrial, S.Sos.,M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 3
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal denta herbiyanto (09-17-15-04-07-24).doc (105 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejournal denta herbiyanto (09-17-15-04-07-24).pdf (75 kB)