Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Peranan Komunikasi Antarpribadi Pengajar Dalam Interaksi Sosial Anak Penyandang Autis Di Pelita Bunda Education Center Kota Samarinda (Purba Karina Damaiyanti, Sugandi)

Submitted by: Purba, Karina Damaiyanti
On: Jan 4, 2023 @ 7:37 AM
IP: 36.85.0.111

  • Judul artikel eJournal: Peranan Komunikasi Antarpribadi Pengajar Dalam Interaksi Sosial Anak Penyandang Autis Di Pelita Bunda Education Center Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Purba Karina Damaiyanti, Sugandi
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Anak penyandang autis memilki gangguan yang kompleks yang melibatkan komunikasi, aktivitas dalam berimajinasi, dan interkasi sosial. Komunikasi antarpribadi adalah metode komunikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan anak penyandang autis. Penggunaan komunikasi antarpribadi dianggap lebih berhasil untuk merubah sikap, kepercayaan, opini dan perilaku komunikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mengetahui peranan komunikasi antarpribadi pengajar dalam interaksi sosial anak penyandang autis di Pelita Bunda Education Center Kota Samarinda. Pengambilan sumber data dengan menggunakan purposive sampling, untuk mengetahui peranan komunikasi antarpribadi pengajar dalam interkasi sosial anak penyandang autis peneliti menggunakan lima ciri dasar komunikasi antarpribadi oleh Josep Devito yang didalamnya terdapat Keterbukaan, Empati, Sikap Positif, Dukungan, dan Kesetaraan. Keterbukaan, dilihat dari kemauan anak penyandang autis dalam menyampaikan sebuah pesan secara terbuka dan jujur kepada pengajar. Empati, dilihat dari ketanggapan pengajar dalam membaca mimik dan gerak-gerik anak autis yang didampinginya. Sikap positif, dilihat dari kesediaan pengajar membantu dan menanggapi anak penyandang autis. Dukungan, dilihat dari kemampuan pengajar mendukung serta memotivasi anak penyandang autis agar tujuan bersama tercapai. Kesetaraan, dilihat dari terjalinnya komunikasi antar pengajar dan murid dengan tidak membedakan satu dengan yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajar telah menerapkan keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesetaraan dalam interaksi sosial anak penyandang autis dimana hal tersebut sesuai dengan teori 5 ciri dasar komunikasi antarpribadi oleh Joseph Devito yang peneliti gunakan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): anak penyandang autis, komunikasi antarpribadi,lima ciri komunikasi antarpribadi
  • NIM: 1802055083
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Sugandi, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 11
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Purba, Karina Damaiyanti ILKOM 2018 (01-04-23-07-37-55).docx (49 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Purba, Karina Damaiyanti ILKOM 2018 (01-04-23-07-37-55).pdf (107 kB)