Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI HUMAS BPJS KESEHATAN DALAM PENANGANAN KELUHAN TERHADAP PELAYANAN BPJS DI RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE (Dessy Nurjanah, Abdullah Karim, Muhammad Fikry)

Submitted by: Nurjanah, Dessy
On: Nov 2, 2018 @ 2:23 AM
IP: 182.1.176.166

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI HUMAS BPJS KESEHATAN DALAM PENANGANAN KELUHAN TERHADAP PELAYANAN BPJS DI RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE
  • Pengarang (nama mhs): Dessy Nurjanah, Abdullah Karim, Muhammad Fikry
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis strategi humas seperti apa yang dilakukan Humas BPJS Kesehatan dalam mengatasi keluhan dari pasien BPJS terhadap pelayanan di RSUD Abdul Wahab Sjahranie. Metode Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian di kantor pusat BPJS Kesehatan Kota Samarinda pada Humas BPJS Kesehatan Kota Samarinda. Pegumpulan data dilakukan dengan melakukan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini ada sebanyak 7 (tujuh) orang yang terdiri dari Humas BPJS Kesehatan, Humas RSUD AWS bagian pengaduan dan masyarakat peserta BPJS Kesehatan. Analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan informasi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa aktivitas Humas BPJS Kesehatan Kota Samarinda dalam penanganan keluhan terkait permasalahan pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD AWS.Aspek penemuan faktanya Humas BPJS Kesehatan menggunakan tiga cara untuk mengumpulkan data/fakta terkait pengaduan yang disampaikan. Untuk menangani keluhannya Humas BPJS Kesehatan membuat strategi sesuai melakukan langkah-langkah untuk mengatasi keluhan), dan program yaitu program mobile JKN, SIPP dan Rujukan Online. Untuk merealisasikan dan menjalakan program-program yang telah dibuat humas BPJS Kesehatan meminta bagian pemasaran untuk melakukan sosialisasi baik secara langsung/seminar maupun melalui media massa seperti spanduk, baliho, ex-banner, leaflet, mading,majalah, dan billboard. Aspek evaluating (evaluasi) berdasarkan hasil temuan yang didapat, bahwa hasil dari program yang diadakan oleh pihak BPJS Kesehatan kurang efektif ntuk beberapa kalangan terutama mereka yang hidup dizaman serba teknologi ini bagi mereka yang kaum milineal program tersebut sangat memudahkan dan cukup praktis.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Humas, BPJS Kesehatan, Keluhan, Pelayanan
  • NIM: 1402055147
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr.H.Abdullah Karim,M.S , Muhammad Fikry.M.BA.BBA
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 6
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal princess (11-02-18-02-23-53).doc (113 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal princess (11-02-18-02-23-53).pdf (572 kB)

Print Friendly, PDF & Email