Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

PENGARUH STRATEGI PEMASARAN POLITIK CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SAMARINDA TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PADA PILKADA SERENTAK 2015 (Alfiah Noor Ramadhany)

Submitted by: ,
On: May 17, 2016 @ 3:50 AM
IP: 36.82.227.204

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH STRATEGI PEMASARAN POLITIK CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SAMARINDA TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PADA PILKADA SERENTAK 2015
  • Pengarang (nama mhs): Alfiah Noor Ramadhany
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini membahas pengaruh strategi pemasaran politik calon Walikota dan Wakil Walikota Samarinda terhadap partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2015 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran politik calon Walikota dan Wakil Walikota Samarinda terhadap partisipasi pemilih pada pilkada serentak 2015. Variabel X pada penelitian ini adalah strategi pemasaran politik menurut Nursal yang dilakukan tim sukses kandidat dengan indikator push marketing, pass marketing, dan pull marketing. Variabel Y pada penelitian ini adalah partisipasi pemilih menurut Nimmo dengan indikator tipe rasional, tipe reaktif, tipe rasional, dan tipe aktif.
    Metode penelitian yang dilakukan adalah kuntitatif dengan jenis penelitian eksplanatif, yaitu menghubungkan sebab akibat dari dua variabel dengan hipotesis; H0 tidak ada pengarauh strategi pemasaran politik calon Walikota dan Wakil Walikota Samarinda terhadap partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2015, sedangkan Ha penelitian ini ada pengaruh strategi pemasaran politik calon Walikota dan Wakil Walikota Samarinda terhadap partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2015.
    Dari analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana, diketahui bahwa ada pengaruh strategi pemasaran politik calon Walikota dan Wakil Walikota Samarinda terhadap partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2015 dengan nilai R sebesar 0,686, dan diperoleh signifikasi 0,000, sehingga H0 ditolak, Ha diterima.
    Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pemasaran politik yang paling kuat pengaruhnya adalah pass marketing, dengan persentase kumulatif sebesar 85,4%. Dikarenakan masyarakat RT 42 memiliki tokoh masyarakat yang aktif melakukan pertemuan di kelurahan dan kecamatan, sehingga tokoh ini menjadi rujukan utama masyarakat RT 42 untuk memilih kandidat. Partisipasi masyarakat RT 42 tergolong sebagai tipe rasional dan tipe aktif. Keduanya memiliki persentase kumulatif sebesar 97,6%, dengan artian masyarakat RT 42 memilih kandidat yang tingkat kecenderungannya paling tinggi berdasarkan pemberitaan yang beredar selama ini, serta berdasarkan kepribadian kandidat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi, Pemasaran Politik, Partisipasi Pemilih, Pilkada Serentak.
  • NIM: 1202055131
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Inda Fitryarini, S.Sos, M.Si & Sabiruddin, S.Sos.I., M.A
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 4
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal fix (05-17-16-03-50-44).docx (48 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal fix (05-17-16-03-50-44).pdf (98 kB)

Print Friendly, PDF & Email



  1. Online Casino India
  2. Best Aviator Game App In India
  3. Andar Bahar Online Game
  4. Casino App Real Money India
  5. Best Cricket Betting Sites In India
  6. Best Casino Game to Win Real Money
  7. Online Casino Games In India
  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Judi Slot Terpercaya
  4. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  5. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  6. Slot Hacker
  7. Situs Slot Online Terbaik
  8. Slot Gacor Gampang Menang
  9. Slot Online
  10. Situs Slot Online Terbaik 2022
  11. Slot RTP Pragmatic
  12. Situs Slot Gacor 2022