Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Format Artikel/Halaman eJournal (mulai hlm Ganjil & Genap)

format_artikelFormat artikel-artikel eJournal Program Studi adalah sebagaimana yang telah ditentukan oleh Fakultas, sbb:

  • Judul
  • Penulis
  • Abstrak
  • Kata kunci
  • Pendahuluan (terdiri dari latar belakang, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian)
  • Kerangka Dasar Teori
  • Metode Penelitian (dibuat ringkas)
  • Hasil Penelitian
  • Kesimpulan dan Saran
  • Daftar Pustaka

Artikel-artikel dalam satu jurnal atau eJournal memiliki format layout/tampilan yang seragam demi konsistensi terbitan. Format artikel/layout  eJournal Prodi ini juga dibuat seragam yang secara garis besar bisa dijelaskan sbb:

– Artikel dibuat dengan satu spasi.
– Header halaman depan: jenis huruf Arial, ukuran font 8
– Header bagian dalam kiri (Volume, Nomor, dsb) dan kanan (Judul ringkas dan pengarang): Arial, ukuran font 10

– Judul memakai huruf besar semua (Capital) dengan jenis huruf Times New Roman besar huruf 14, dicetak tebal (bold).
– Jika ada Sub-judul, pakai huruf judul bisa (Title Case, huruf paling depan dalam sebuah kata memakai huruf besar/capital, kecuali kata sambung/depan), font Times New Roman, besar huruf 13, dan dicetak tebal (bold).

– Pengarang memakai huruf Times New Roman, ukuran 12, huruf tebal (bold)

-Selain itu, semua text memakai font Times New Roman ukuran 11,5 (kecuali ukuran font untuk Footnote). Untuk melihat mana yang huruf tebal (tegak bold), tebal-miring (bold-italics), biasa (normal/tegak), miring (italics), lihat di fomat halaman eJournal PIN

– Footnote (catatan kaki), memakai font Arial ukuran 10.

– Agar artikel eJournal seperti teks yang mengalir (sebagaimana dipakai dalam jurnal-jurnal internasional atau jurnal ternama, tidak perlu memakai angka atau huruf didepan sub-heading (spt. 1. Pendahuluan, 2. Kerangka Dasar Teori, 3. ……., dsb). Gunakan angka atau huruf jika diperlukan saja (mis. jika ada [banyak] sub-headings). Untuk lebih jelas, lihat contoh artikel.

Format artikel eJournal Prodi ini dirancang agar kalau dicetak, halamannya berurutan serta headernya konsisten (kalau halaman ejournal dibuka, yang di pojok kiri atas semuanya memuat nomor terbitan, sementara yang di pojok kanan atas judul ringkas dan pengarang. Untuk itu, ada dua format halaman yang disediakan di sini, yakni yang artikelnya dimulai dari nomor ganjil dan yang dimulai dari nomor genap:

 Download format artikel yang halamannya dimulai dgn Nomor Ganjil

 Download format artikel yang halamannya dimulai dgn Nomor Genap

Tips: Untuk memudahkan pembuatan artikel eJournal dalam format halaman yang telah ditentukan, copy paste artikel anda di format halaman ejournal tersebut di atas (disesuaikan mulai nomor halaman yang anda peroleh dari Prodi (dimulai dari nomor ganjil atau genap), lalu atur font dan layoutnya.

659 total views, 1 views today