Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

Komunikasi Interpersonal Karyawan Frontliner Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen PT. J.Co Donuts & Coffee Cabang Giant Alaya Samarinda (Muhammad Awir Yamona, Dini Zulfiani, Kadek Dristiana)

Submitted by: Yamona, Muhammad Awir
On: Oct 29, 2018 @ 4:32 AM
IP: 182.1.197.21

  • Judul artikel eJournal: Komunikasi Interpersonal Karyawan Frontliner Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen PT. J.Co Donuts & Coffee Cabang Giant Alaya Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Muhammad Awir Yamona, Dini Zulfiani, Kadek Dristiana
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis Komunikasi Interpersonal Karyawan Frontliner Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen PT. J.Co Donuts & Coffee Cabang Giant Alaya Samarinda. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan dalam penelitian menggunakan metode analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Matthew B.Miles, A.Michael Huberman dan Johnny Saldana. Dengan menggunakan sumber data key informan sebagai narasumber sebanyak 1 orang yaitu Manajer PT. J.Co Donuts & Coffee Cabang Giant Alaya Samarinda dan informan sebanyak 5 orang yaitu 2 orang karyawan frontliner dan 3 orang konsumen PT. J.Co Donuts & Coffee Cabang Giant Alaya Samarinda. Data-data yang disajikan menggunakan data primer dan data sekunder, melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta referensi buku-buku, jurnal maupun skripsi yang ada hubungannya dengan penulisan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilihat dari unsur keterbukaan (openness) terdapat hambatan-hambatan komunikasi yakni: terdapat beberapa karyawan frontliner yang berbuat curang dengan tidak berterus-terang mengenai promo yang ditawarkan, sehingga menimbulkan komplain dari konsumen. Kemudian dari unsur sikap positif (positivenness) belum berjalan dengan baik, terdapat beberapa karyawan frontliner yang tidak mengikuti peraturan karena kurangnya pengawasan. Sedangkan komunikasi yang dilihat dari unsur empati (empathy), sikap mendukung (supportiveness), dan kesetaraan (equality) sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan konsumen. Sehingga komunikasi interpersonal yang baik dapat menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan kepuasan konsumen.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Komunikasi Interpersonal, Pelayanan, Kepuasan Konsumen
  • NIM: 1102055117
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dini Zulfiani, S.Sos, M.Si, Kadek Dristiana, S.Sos, M.Med.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 6
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (10-29-18-04-32-27).DOC (104 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (10-29-18-04-32-27).DOC (104 kB)