Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

STRATEGI HUMAS UNIVERSITAS MULAWARMAN DALAM MENCITRAKAN UNIVERSITAS DENGAN STANDAR AKREDITASI A (Reza Kusuma Atmaja, Silviana Purwanti, Kheyene Molekandella B)

Submitted by: ,
On: Aug 29, 2019 @ 3:35 AM
IP: 180.248.120.62

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI HUMAS UNIVERSITAS MULAWARMAN DALAM MENCITRAKAN UNIVERSITAS DENGAN STANDAR AKREDITASI A
  • Pengarang (nama mhs): Reza Kusuma Atmaja, Silviana Purwanti, Kheyene Molekandella B
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa strategi Humas Universitas Mulawarman Dalam Mencitrakan Universitas Dengan Standar Akreditasi A. Teori yang digunakan oleh penulis yaitu menggunakan teori strategi humas oleh Ruslan, (2006:134) . Sumber data yang penulis gunakan adalah Teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Library Research, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Universitas Mulawarman mempunyai strategi Sendiri dalam mencitrakan kampus nya kepada masyarakat terkait dengan diperoleh nya Akreditasi A. Oleh karena itu peneliti tertarik bagaimana dan dengan cara seperti apa Humas menunaikan kewajibannya serta mendorong masyarakat untuk lebih mengetahui tentang unmul baik tentang Akreditasinya maupun program dan kebijakan yang sedang dijalan di Universitas Mulawarman, serta bagaimana Humas Universitas Mulawarman melakukan sosialiasi hal hal positif yang sedang terjadi di Universitas Mulawarman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa, Strategi humas dalam mencitrakan universitas dengan standar akreditasi A berdasarkan fact finding dan feedback sudah cukup baik melalui pendekatan persuasif dan edukatif. Dimana fungsi humas adalah menciptakan komunikasi dua arah (timbal balik) dengan menyebarkan informasi dari organisasi kepada publiknya yang bersifat mendidik dan memberikan penerangan, maupun dengan melakukan pendekatan persuasif, agar tercipta saling pengertian.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): strategi, Humas, Unmul, Akreditas A, Masyarakat
  • NIM: 1202055146
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si dan Kheyene Molekandella B., S.I.Kom., M.I.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 7
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (08-29-19-03-35-24).docx (49 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (08-29-19-03-35-24).pdf (221 kB)