Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PRODUSER MUSIK STUDIO 23 DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DI KOTA SAMARINDA (Jondry Rusadi Irwando)

Submitted by: ,
On: Aug 31, 2017 @ 7:00 AM
IP: 110.136.196.240

  • Judul artikel eJournal: EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PRODUSER MUSIK STUDIO 23 DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Jondry Rusadi Irwando
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Efektivitas Komunikasi Interpersonal Produser Musik Studio 23 Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Di Kota Samarinda, di bawah bimbingan Ibu Inda Fitryarini, S.Sos., M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Kezia Arum Sary S.Ds., M.Med.Kom selaku dosen pembimbing II, Program Studi IImu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Studio rekaman menyediakan jasa seorang produser musik yang berguna sebagai sarana penuntun para pelanggan untuk memberikan pemahaman-pemahaman tentang apa yang lebih baik untuk mereka lakukan saat menjalani proses rekaman. Jenis penelitian ini adalah kuaitatif deskriptif, sedangkan yang menjadi fokus penelitian ini adalah lima kualitas umum dalam efektivitas komunikasi interpersonal, yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Lokasi penelitian ini bertempat di jalan Slamet Riyadi. gang Manunggal 6, nomor 23 Samarinda, Kalimantan Timur. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan penelitian pada dokumen serta arsip-arsip yang bersangkutan dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan dan menganalisis efektivitas komunikasi interpersonal produser musik studio 23 dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di Kota Samarinda dengan menggunakan fokus penelitian keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Temuan di lapangan yakni profesi seorang produser harus memiliki keterbukaan untuk mengetahui keinginan klien / pelanggan terlebih dahulu agar dapat mengenali karakter pelanggan. Sikap empati dilakukan dengan berusaha secara kooperatif membantu pihak klien untuk terus mengasah dan mengembangkan bakat bermusik dan kepekaan yang tinggi dalam meraih cita-cita bermusik. Sikap mendukung produser tidak lain sebagai bagian dari cara produser untuk memotivasi para klien-kliennya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): efektivitas, komunikasi interpersonal, loyalitas
  • NIM: 1002055244
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Inda Fitryarini, S.Sos., M.Si dan Kezia Arum Sary S.Ds., M.Med.Kom
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 5
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL JON (08-31-17-07-00-18).doc (132 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL JON (08-31-17-07-00-18).pdf (153 kB)