Dunia Komunikasi

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman
Kampus

REPRESENTASI CITRA MUSLIMAH DALAM IKLAN KECANTIKAN WARDAH “20 TAHUN” (Auliya Fathamsyah, Hairunnisa, Sarwo Eddy Wibowo)

Submitted by: 
On: May 8, 2019 @ 3:45 AM
IP: 180.248.123.235

  • Judul artikel eJournal: REPRESENTASI CITRA MUSLIMAH DALAM IKLAN KECANTIKAN WARDAH “20 TAHUN”
  • Pengarang (nama mhs): Auliya Fathamsyah, Hairunnisa, Sarwo Eddy Wibowo
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Iklan yang muncul di media massa, diantaranya adalah iklan produk kecantikan. Model iklan kecantikan yang marak tampil di media massa adalah model iklan yang cenderung berwajah cantik, berambut panjang, berbadan langsing, berkulit putih dan memamerkan lekuk tubuh indahnya. Iklan Wardah “20 Tahun” menampilkan sesuatu yang berbeda sosok perempuan berhijab dengan pakaian tertutup serta tagline halal. Menurut Roland Barthes, dalam semiotika pembahasan mengenai makna lebih mendalam, bukan hanya makna yang terlihat langsung, tetapi juga makna yang tidak langsung. Ada empat citra perempuan yang ditampilkan oleh iklan, yaitu: Citra Pigura, Citra Pilar, Citra Pinggan, Citra Pergaulan. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis representasi citra muslimah dalam iklan kecantikan Wardah “20 Tahun” dengan mengunakan analisis semiotika Roland Barthes. Dari penelitian ini secara denotasi adalah memperlihatkan identitas seorang muslimah yang ditampilkan terlihat dengan penggunan hijab dan pakaian menutup dikeseluruhan tubuh. Sedangkan secara konotasi ditemukan bahwa seorang muslimah mampu mencapai hal-hal yang dianggap tabu oleh beberapa kalangan masyarakat pada umumnya. Dan mitosnya adalah pada kenyataannya melalui media massa setiap emansipasi perempuan disuarakan oleh masyarakat, berbanding lurus dengan diskriminasi terhadap kaum muslimah secara tidak langsung.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Citra, Perempuan, Muslimah, Wardah, Semiotika, Roland Barthes
  • NIM: 1302055031
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Komunikasi
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Hj. Hairunnisa S.Sos., M.M & Sarwo Eddy Wibowo, S.I.Kom., M.M
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Komunikasi
  • Volume: 7
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): GENAP (edit baru)a (05-08-19-03-45-23).docx (43 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): GENAP (edit baru)a (05-08-19-03-45-23).pdf (312 kB)



  1. Situs Slot KayaMendadak88
  2. Situs Slot Online Terbaik Dan Terpercaya No 1
  3. Slot Pragmatic Play
  4. Situs Slot Online Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi Slot Terpercaya
  6. Game Slot Online
  7. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  8. Situs Judi Slot Online Terpercaya 2021
  9. Slot Joker123
  10. Agen Slot Online Resmi
  11. Slot Deposit Pulsa
  12. Daftar Situs Judi Slot Terbaik Dan Terpercaya No 1
  13. AloJudi Slot
  14. KayaMendadak88 Slot
  15. Situs Slot Gacor 2022
  16. Judi Slot Online Jackpot Terbesar Gampang Menang
  17. Joker123 Slot
  18. Mesin slot gacor 88
  19. Mesin slot
  20. Link Slot Online
  21. Slot Via Dana
  22. Daftar Situs Bo Slot Online Gacor Terbaik 2022
  1. Slot Online
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  4. Judi Slot Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  6. Slot Online Terbaru
  7. Situs Game Slot Online Terbaik
  8. Daftar Situs Judi Slot Online Gacor Gampang Menang 2022
  9. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  10. Slot Hacker
  11. Situs Slot Online Terbaik
  12. Slot Gacor Gampang Menang
  13. Situs Judi Slot Online Gacor Terbaik 2022
  14. Situs Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  15. Slot Online Terpercaya
  16. Game Slot Penghasil Uang
  17. Situs Slot Online Terbaik 2021
  18. Situs Slot Online Terbaik dan Terpercaya
  19. Situs Slot Terbaik
  20. Situs Judi Slot Terbaik Dan Terpercaya No 1